skip to Main Content
KEMENDIKBUD RI MELAKSANAKAN ACARA PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PENDEKAR) DI KABUPATEN SAMOSIR

KEMENDIKBUD RI MELAKSANAKAN ACARA PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PENDEKAR) DI KABUPATEN SAMOSIR

Bertempat di Aula Hotel JTS.Perbaba Kecamatan Pangururan, Selasa (9/10) dilaksanakan acara Penguatan Pendidikan Karakter (PENDEKAR) untuk memotivasi dan memberikan inspirasi kepada para Guru dan Kepala Sekolah se-Kabupaten Samosir yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI melalui Dirjen Kebudayaan.

Dalam kegiatan ini hadir langsung Direktur Sejarah, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Dra.Triana Wulandari,M.SI beserta Tim dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, sekaligus sebagai Narasumber untuk memberi Motivasi para Guru dan Kepala Sekolah di Kabupaten Samosir.

Dalam sambutannya Direktur Sejarah, Direktorat Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Dra. Triana Wulandari, M.SI menyampaikan penguatan karakter bagi guru dan anak sekolah sangat dibutuhkan untuk penguatan pendidikan yang berkwalitas di Indonesia. Dengan adanya kegiatan ini, Triana berharap timbul spirit, motivasi dan mindset (pola pandang) baru bagi tenaga pengajar di Samosir. Ditambahkannya, kekayaan budaya agar selalu dipelihara, dijaga dan dilestarikan serta diajarkan kepada siswa.

Demikian juga halnya dengan tenunan ulos yang menjadi kebanggaan dan mendunia saat ini. Triana Wulandari mengaku senang berkunjung ke Samosir dengan keindahan alam yang luar biasa, semua ini akan saling mendukung antara Pariwisata dan karakter masyarakat, dengan karakter yang bagus melalui para pendidik kepada masyarakat akan mensukseskan Pariwisata di Kabupaten Samosir.

Dalam sambutannya Bupati samosir yang diwakili oleh Sekretariat Daerah Jabiat Sagala menyampaikan sangat mengapresiasi kegiatan ini, terimakasih kepada Ibu Dra.Triana Wulandari beserta Tim yang telah menyelenggarakan kegiatan ini sekaligus memilih Kabupaten Samosir sebagai salah satu tempat terselenggarakannya kegiatan ini dari ratusan Kabupaten di Indonesia.

Dan bersyukurlah Bapa/Ibu Guru dan Kepala Sekolah dengan adanya kegiatan ini semoga dapat menginspirasi dan menambah wawasan bagaimana membangun dan membekali peserta didik sebagai generasi emas Indonesia, seperti yang kita ketahui menjadi Bangsa yang besar tidak akan tercapai jika kita tidak mempunyai karakter yang kuat. Hal ini menunjukan bahwa sekolah adalah ujung tombak pembentukan karakter, Kepala Sekolah dan Guru adalah tokoh spesial yang menjadi penentu pendidikan penguatan karakter.

Melalui media inspiratif Pemerintah dan Kementerian pendidikan dan kebudayaan bekerjasama untuk membangun karakter anak didik sebagai penerus generasi Bangsa yang berkualitas, mengingat kemajuan era globalisasi yang terjadi di Indonesia ini di harapkan kepada Bapa/Ibu Guru dan Kepala Sekolah agar bersungguh sunguh membangun karekter anak didik ke arah yang lebih berkualitas demi untuk Kemajuan Bangsa Indonesia, terlebih siswa/i di Kabupaten Samosir ini.

Acara dilanjutkan dengan Menonton Film Inspiratif dan pemberian motivasi kepada para peserta oleh para nara sumber untuk meningkatkan semangat pengajar untuk membentuk kharakter anak didik. Para peserta yang terdiri dari para Guru diberikan inspirasi betapa mulianya pekerjaan para Guru dan peran pentingnya guru membentuk kharakter Generasi penerus bangsa. Pendidikan kharakter menjadi hal yang paling utama dalam keberhasilan anak didik tanpa karakter yang baik maka semuanya akan isa-sia.

Dengan penuh semangat para Guru dan Kepala sekolah mengikuti semua rangkaian acara yang pastinya akan diteruskan kepada para anak didik.Turut hadir dalam acara ini Kadis Pendidikan Ricardo Hutajulu, Plt.Kadis Kominfo Rohani Bakara, Kabag Humas dan Kerjasama Siswanto Sinambela.

Bagikan artikel:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top
×Close search
Search