skip to Main Content
Hari Ke 9 Pencarian KM. Sinar Bangun(26/6) Belum Mendapatkan Hasil

Hari ke 9 pencarian KM. Sinar Bangun(26/6) belum mendapatkan hasil

Besok pencarian akan menggunakan Remotely Operated Underwater Vehicle (ROV).

Ketua Tim Basarnas yang memimpin operasi pencarian dan penyelamatan di Pos Simanindo Agus Haryono (Kasubbag Pengendalian Operasi Basarnas) dalam laporan kegiatan hari ini menyampaikan bahwa hasil pencarian hari ini NIHIL.
Dalam keterangannya yang disaksikan oleh wakil Bupati Samosir Juang Sinaga dan sekda Samosir Jabiat Sagala menyampaikan Tim Basarnas beserta Tim Pemkab Samosir, TNI, POLRI dan relawan melakukan penyisiran hari ini dengan menggunakan alat Multi-Beam Echo SounderSonar Beam tapi hasil masih Nihil.

Tim yang menggunakan armada KMP Sumut I, KMP Sumut II, beberapa Kapal OPS, Kapal cepat BPBD Samosir dan kapal yang berisi Multi-Beam Echo SounderSonar Beam melakukan penyisiran. Dengan dipimpin oleh Kapal Yang berisi Multi-Beam Echo SounderSonar Beam melakukan penyisiran lokasi yang dicurigai tetapi belum mendapatkan hasil.
Agus Haryono menambahkan untuk pencarian besok(27/6) akan dilanjutkan dengan alat yang lebih canggih buatan Badan Penerangan dan Penerapan Teknologi (BPPT) yaitu Remotely Operated UnderwaterVehicle (ROV). ROV merupakan sejenis kendaraan penyelam yang dikontrol menggunakan remote control jarak jauh, pada umumnya digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan dasar laut. Contohnya seperti dokumentasi, eksplorasi laut. Tim Nasional mengharapkan agar besok TIM
 nya fokus menggunakan ROV.

Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga menyampaikan permohonan maaf kepada para keluarga karena Tim belum berhasil menemukan lokasi kapal dan belum menemukan para korban. Mari tetap berdoa dan berusaha untuk mendapatkan hasil terbaik, alat yang lebih canggih sudah didatangkan.

Wakil Bupati mengharap Basarnas mengerahkan alat-alat terbaiknya untuk mendapat hasil yang terbaik. Pemerintah Kabupaten beserta TNI, Polri dan Relawan selalu siap mendukung kinerja Basarnas. Setiap hari kita berkoordinasi dengan Tim Basarnas untuk memulai pencarian dan mengevaluasinya tiap sore. Besok pencarian akan dimulai di pagi hari tapi Tim akan memprioritaskan penggunaan ROV.

  

Bagikan artikel:
Back To Top
×Close search
Search