skip to Main Content
MUSRENBANG DI KECAMATAN SITIO-TIO

MUSRENBANG DI KECAMATAN SITIO-TIO

 Pelaksanaan Musrenbang Tahun 2018 tingkat Kecamatan hari pertama dilaksanakan di Aula kantor Camat sitio-tio, selasa (20/02) dibuka oleh Bupati Samosir yang di dampingi oleh Wakil Bupati Samosir. Turut hadir Anggota DPRD Kabupaten Samosir,Asisten Pemerintahan Setdakab Samosir, Para Pimpinan OPD, Para Kabag, Camat Sitio-tio, Para Kepala Desa sekecamatan Sitiotio dan Tokoh Masyarakat.

Musrenbang merupakan agenda tahunan di mana warga saling bertemu mendiskusikan masalah yang mereka hadapi dan memutuskan prioritas pembangunan jangka pendek. Ketika prioritas telah tersusun, kemudian di usulkan kepada pemerintah di level yang lebih tinggi, dan melalui badan perencanaan (BAPPEDA) usulan masyarakat dikategorisasikan berdasar urusan dan alokasi anggaran.

Dalam sambutannya Camat Sitiotio menyampaikan usulan dari Kecamatan yakni pembangunan lapangan sepak bola dan peningkatan jalan outer ringroad di wilayan Kec. Sitiotio. Selain pembangunan secara fisik Camat sitio-tio menyampaikan usulan pembangunan SDM mengingat kurangnya pegawai Kantor Camat Sitiotio.

  

Anggota DPRD Kabupaten Samosir Bolusson  Pasaribu menyampaikan usulan pembangunan infrastruktur di Desa Janji raja, Holbung dan Sabulan. Harapan bagi Dinas PU agar melaksanakan pembangunan di desa Holbung dan Janji raja agar desa tersebut dapat dilalui roda empat.Diharapkan agar alat berat sebaiknya jangan dipindahkan sebelum pekerjaan dilaksanakan secara tuntas. Dari segi pariwisata Anggota DPRD ini menyampaikan bahwa Kabupaten Samosir sudah mengalami peningkatan dari segi kunjungan wisata.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Samosir menyampaikan bahwa Musrenbang Kecamatan merupakan lanjutan dari Musrenbang Desa dan kelurahan. Untuk pelaksanaan program pembangunan perlu dukungan dana baik dari APBD maupun APBN. Pelaksanaan Musrenbang adalah amanat dari Undang-Undang nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional  dan Permendagri Nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara Perencanaan,Pengendalian dan Evaluasi Rencana Kerja Pemerintah Daerah. Diharapkan pelaksanaan Musrenbang ini menjadi media interaktif bagi segenap stakeholder Kecamatan untuk menetapkan program kecamatan.

Bupati turut menyampaikan bahwa pembangunan difokuskan pada infrastruktur dan pertanian. Dengan adanya E-Planning  agar pelaksanaannya dilaksanakan dengan baik karena ada sanksi hukum bagi yang melakukan penyimpangan E- Planning. Dalam Program pembangunan harus ada skala Prioritas. Bagi para kepala desa agar benar-benar memfokuskan dana desa untuk kesejateraan rakyat. Bagi Dinas PPAMD dan Asisten I dan II agar bersinergi untuk pembangunan desa baik itu yang anggarannnya dari APBD maupun diluar APBD, bagi para Kepala Desa agar menyelesaikan SPJ ADD tahun 2017, serta melakukan pendataan kelengkapan administrasi kependudukan masyarakatnya dengan memberdayakan perangkat desa yang ada di desa masing-masing. Bupati menegaskan akan menseriusi memonitor kinerja perangkat desa apabila perangkat desa tidak bekerja dengan baik akan dilakukan tindakan tegas.

Kepala Bappeda Kabupaten Samosir Rudi Siahaan dalam paparannya menyampaikan bahwa usulan – usulan pembangunan di Kabupaten Samosir sangat banyak, tetapi karena keterbatasan anggaran maka dilakukan musrenbang untuk menentukan skala prioritas dan mewujudkan visi dan misi Bupati Samosir.

Dalam sesi diskusi peserta musrenbang memberikan usulan – usulan dan memperjelas program dan kegiatan yang diusulkan dari musyawarah desa untuk menjadi prioritas pelaksanaan di Kabupaten Samosir

Diakhir acara melakukan penandatanganan berita acara kesepakatan hasil musrenbang kecamatan yang dilakukan oleh perwakilan beberapa OPD dan delapan kepala desa se-kecamatan Sitiotio, dan hasil kesepakatan tersebut ditandatangani Camat Sitiotio Dumosch Pandiangan dan diserahkan kepada Kepala Bappeda sebagai bahan pembahasan ditingkat Kabupaten.

Bagikan artikel:
This Post Has One Comment
  1. Terimakasih web kita sudah aktif, jika berkenan jadwal acara/kegiatan dapat diinformasikan di laman ini agar para awak media sebagai mitra dapat hadir memberitakan Samosir. Misalnya jadwal musrenbang kecamatan se kab samosir, jadwal musrenbangkab. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top
×Close search
Search