skip to Main Content
MUSRENBANG RENCANA KERJA PEMERINTAH DAERAH (RKPD) KABUPATEN SAMOSIR TAHUN 2022 RESMI DITUTUP

MUSRENBANG RENCANA KERJA PEMERINTAH DAERAH (RKPD) KABUPATEN SAMOSIR TAHUN 2022 RESMI DITUTUP

Kominfo Samosir_(26/03)

Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Samosir Tahun 2022 resmi ditutup oleh Plh. Sekretaris Daerah Lemen Manurung, Jum’at (26/03) di Aula Hotel JTS Parbaba Kec. Pangururan.

Acara di awali dengan pembacaan berita acara hasil keputusan bersama musrenbang RKPD Tahun 2022 yang selanjutnya diserahkan kepada Plh. Sekretaris Daerah untuk diserahkan kepada SKPD tekhnis, Adapun enam program prioritas Kabupaten Samosir hasil keputusan bersama yang telah di susun dalam RKPD Tahun 2022 antara lain: 1) Peningkatan kualitas Pendidikan, Kesehatan dan Penurunan angka, 2) Pencegahan, Penanganan, Penanggulangan wabah penyakit dan bencana, 3) Pelaksanaan reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik, 4) Pemulihan ekonomi kerakyatan melalui kearifan lokal dan inovasi daerah, 5) Pengelolaan industri pariwisata yang berkelanjutan dengan kegiatan prioritas, 6) peningkatan kwantitas dan kualitas sarana dan prasarana publik untuk mendukung perekonomian masyarakat serta KSPN Danau Toba.

Dalam laporannya Kepala Bappeda Rudi Siahaan menyampaikan bahwa pelaksanaan Musrenbang RKPD Tahun 2022 berjalan dengan baik dan di ikuti oleh pemangku kepentingan yang terdiri dari unsur instansi kementerian lembaga, instansi vertikal, SKPD Kabupaten Samosir, Organsisasi Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Sumut, DPRD Kabupaten Samosir, Instansi vertikal BUMN, BUMD, dan Insan Pers. Sebanyak 67 kegiatan prioritas yang telah dirumuskan dalam penyeleksian tim pokja yang mendukung tema RKPD Tahun 2022 yaitu Peningkatan Kualitas SDM dan Percepatan Pemulihan Perekonomian Masyarakat akan digunakan sebagai dasar penetapan arah kebijakan dan prioritas pembangunan Daerah pada Tahun 2022.

Wakil ketua DPRD Kabupaten Samosir Pantas Maroha Sinaga dalam sambutannya atas nama DPRD Kabupaten Samosir menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas kelancaran terselenggaranya musrenbang, semoga hasil kesepakatan bersama dapat bermanfaat untuk kepentingan Kabupaten Samosir dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Samosir, mari kita bersama bersinergi dalam mengawal, menjaga, merawat, pengembangan pembangunan yang akan dilaksanakan di Kabupaten Samosir demi Samosir Sejahtera, damai dan makmur.

Plh. Sekretaris Daerah Lemen Manurung dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada para narasumber yang telah hadir pada acara musrenbang Kabupaten Samosir khususnya Pemerintah Pusat dan Provinsi yang telah mengalokasikan berbagai program kegiatan Tahun Anggaran 2021 dan juga sudah merencanakan program kegiatan yang akan dilaksanakan Tahun 2022.

Dalam rangka percepatan pencapaian Visi RPJPD Kabupaten Samosir Tahun 2005-2025 yaitu Samosir Menjadi Daerah Tujuan Wisata Internasional 2025, pembangunan sektor pariwisata, pertanian, dan UMKM/IKM akan diprioritaskan pada Tahun 2022 untuk pemulihan perekonomian masyarakat akibat dampak pandemi covid-19. Secara simultan sektor pendidikan dan kesehatan juga menjadi program prioritas untuk peningkatan kualitas SDM masyarakat samosir sejalan dengan tema RKPD Tahun 2022 yaitu Peningkatan Kualitas SDM dan Percepatan Pemulihan Perekonomian Masyarakat.
Kita menyadari bersama bahwa dalam proses musyawarah pasti terjadi perbedaan pendapat namun kita harus tetap menghargai pendapat yang satu dengan yang lain, dimana musrenbang ini juga sebagai wahana untuk melakukan penyempurnaan pada tahap perencanaan agar setiap kegiatan sesuai dengan sasaran yang telah kita tetapkan bersama demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Samosir.

Turut Hadir dalam kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Samosir Tahun 2022; Gubernur Sumatera Utara yang diwakili Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi, Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Kementerian PUPR Republik Indonesia, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Samosir, FKPD Kabupaten Samosir, Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Medan Kementerian PUPR, Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera II, Kepala Badan Otorita Pengelola Kawasan Danau Toba, Manager Geopark Kaldera Toba, Kepala Balai Perumahan Provinsi Sumatera Utara, Kepala Bappeda Provinsi Sumut, Staff Ahli Bupati, Asisten, Pimpinan OPD dan Camat Se-Kabupaten Samosir, Pimpinan BUMN dan BUMD dan Instansi Vertikal, TP-PKK Kab. Samosir, Dharma Wanita Persatuan Kab. Samosir, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pemuda, Ormas, LSM dan Lintas profesi dan organisasi.

Bagikan artikel:
This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top
×Close search
Search