skip to Main Content
Melek Covid-19 Dan Praktik Nyata Protokol Kesehatan

Melek Covid-19 dan Praktik Nyata Protokol Kesehatan

Pangururan, Kominfo Samosir—(7/10)

Dalam kurun waktu kurang lebih tujuh bulan, masyarakat telah banyak belajar tentang Covid-19–mulai dari apa itu Covid-19, proses penularan, gejala, pencegahan, pengendalian, dan penanganannya.

Idealnya, melek Covid-19 dan pelaksanaan protokol kesehatan berjalan simetris namun pada praktiknya tidaklah demikian. Praktik sederhananya adalah semua masyarakat sudah: (a) pakai masker, (b) sering cuci tangan pakai sabun/hand sanitizer, dan (c) jaga jarak interaksi (1 s.d. 2 meter) ketika melakukan aktivitas di luar rumah.

Melek Covid-19 tidak serta merta juga mempraktikkan protokol kesehatan untuk mencegah, mengendalikan, dan menangani dampak yang diakibatkan. Cara terbaik untuk praktik protokol kesehatan ini adalah intensifikasi upaya-upaya pengingatan kembali akan pentingnya protokol kesehatan dan harus menjadi gerakan masif yang dimulai dari keluarga, lingkungan, desa, kecamatan, dan kabupaten.

Keseimbangan antara melek Covid-19 dan praktik protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari adalah tujuan bersama; oleh karena itu, mari kita masing-masing meneledankannya dalam setiap aktivitas sehari-hari hingga orang-orang di sekitar kita yang tidak mematuhi protokol kesehatan menjadi sadar pentingnya protokol kesehatan ketika melihat jauh lebih banyak orang yang mematuhi protokol kesehatan daripada mereka yang tidak. Ada kesadaran bersama akan potensi bahaya dan tindakan pencegahan secara serentak.

GTPP Covid-19 Samosir mengharapkan melek Covid-19 dan praktik protokol kesehatan berjalan ideal di Kabupaten Samosir. Hal ini, tentu saja, memerlukan kerja sama semua pihak untuk mewujudkannya dalam praktika hidup sehari-hari. Imbauan demi imbauan tetap akan disuarakan oleh GTPP Covid-19 Samosir selama pandemi dengan harapan membawa dampak nyata yaitu terjadinya keselarasan antara melek Covid-19 dan praktik protokol kesehatan di seluruh wilayah Samosir.

Tidak hanya pada melek Covid-19 dan praktik nyata protokol kesehatan, seluruh elemen masyarakat juga diharapkan mendukung sepenuhnya upaya-upaya Pemerintah dalam mencegah, mengendalikan, dan menangani dampak pandemi Covid-19 dengan prinsip Pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat untuk tetap memberikan solusi terbaik yaitu keutamaan keselamatan masyarakat seraya memulihkan perekonomian yang sudah tergerus selama menangani pandemi Covid-19.

Mari kita selaraskan melek Covid-19 dengan praktik nyata protokol kesehatan selama pandemi dengan optimis vaksin akan tersedia dan pemulihan ekonomi dapat dilakukan dengan segera dengan menggerakkan seluruh daya dan upaya secara kolektif.

Terima kasih.
———————————————

Data Perkembangan Covid-19, Rabu (7/10/2020)

Nasional
Konfirmasi : 4.538 orang (315.714)
Sembuh : 3.854 orang (240.291)
Meninggal Dunia: 98 orang (11.472)

Provinsi Sumatera Utara
Konfirmasi : 96 orang (10.965)
Sembuh : 177 orang (8.048)
Meninggal Dunia : 5 orang (452)

Kabupaten Samosir
Suspek : Nihil
Konfirmasi : 1 orang
Sembuh : 1 orang
Meninggal Dunia : 1 orang

Bagikan artikel:
This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top
×Close search
Search