skip to Main Content
PEMKAB SAMOSIR GELAR SOSIALISASI IMPLEMENTASI KARTU TANI

PEMKAB SAMOSIR GELAR SOSIALISASI IMPLEMENTASI KARTU TANI

Kominfo Samosir – (11/09)

Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Pertanian Kab. Samosir menggelar Sosialisasi Implementasi Kartu Tani, yang bertujuan untuk mempermudah petani dalam transaksi penebusan pupuk bersubsidi melalui mesin Electronic Data Capture (EDC) di pengecer resmi. Sosialisasi Kartu Tani ini dibuka secara langsung oleh Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon, dihadiri 243 Ketua Kelompok Tani (Poktan) dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dari 3 kecamatan (Palipi, Sitiotio, Ronggur Nihuta) untuk sesi pertama. Bertempat di Aula Hotel Grand Dainang, Kelurahan Siogung-ogung, Pangururan, Jumat (11/09).

Adapun dasar penggunaan Kartu Tani ini adalah Keputusan Dirjen Prasarana dan Saranan Pertanian Nomor: 11/Kpts/SR.310/B/2020 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Penyediaan dan Penyaluran Pupuk Bersubsidi Tahun Anggaran 2020.

Dalam laporannya Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Samosir Victor Sitinjak mengatakan bahwa penggunaan Kartu Tani yang merupakan kerja sama Pemkab Samosir dan BNI adalah program pemerintah untuk membantu masyarakat tani mendapatkan pupuk bersubsidi sesuai dengan kebutuhan anggota kelompok dan luas lahan.

Secara garis besar Kartu Tani merupakan alat transaksi berupa kartu debit yang digunakan untuk membeli pupuk bersubsidi, dan diharapkan menjadi terobosan baru dalam pengoptimalan pupuk bersubsidi secara tepat sasaran dan meminimalisir penyaluran pupuk bersubsidi yang selama ini sering dikeluhkan petani. Beberapa persyaratan dalam pembuatan Kartu Tani yaitu petani yang tergabung dalam kelompok tani dan melakukan verifikasi data melalui Rencana Defenitif Kebutuhan Kelompok (eRDKK).

Bupati Samosir dalam sambutannya mengatakan bahwa dibentuknya Kelompok tani adalah sebagai sarana bagi petani untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah dan berlaku dengan adil, untuk itu diperlukan tertib administratif dalam kelompok tani itu sendiri termasuk jumlah alokasi dengan kebutuhan pupuk yang diusulkan dalam eRDKK. Bupati Samosir memastikan akan terus mendukung dan memfasilitasi kelompok tani dalam upaya mewujudkan Visi Pemkab Samosir yaitu terwujudnya masyarakat Samosir yang Sejahtera, Mandiri dan Berdaya Saing berbasis Pariwisata dan Pertanian.

 

Bagikan artikel:
This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top
×Close search
Search