skip to Main Content
CANANGKAN SAMOSIR SEBAGAI KABUPATEN BEBAS PUNGLI, UNIT PEMBERANTASAN PUNGUTAN LIAR (UPP) SABER PUNGLI PROVSU LAKUKAN AUDIENSI DAN MONITORING DI KABUPATEN SAMOSIR

CANANGKAN SAMOSIR SEBAGAI KABUPATEN BEBAS PUNGLI, UNIT PEMBERANTASAN PUNGUTAN LIAR (UPP) SABER PUNGLI PROVSU LAKUKAN AUDIENSI DAN MONITORING DI KABUPATEN SAMOSIR

Kominfo Samosir, Jumat (24/07)

Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Saber Pungli Provinsi Sumatera Utara melakukan audiensi dan pemantauan pelaksanaan dan pencanangan Kabupaten Samosir sebagai kabupaten bebas pungli. Kedatangan rombongan disambut baik oleh Bupati Samosir di Aula Kantor Bupati Samosir, Jumat (24/07), Pangururan.

Kabupaten Samosir dicanangkan sebagai salah satu dari tiga kabupaten/kota bebas pungutan liar (Pungli) di Sumatera Utara. Pencanangan ini dilakukan oleh Kapolda Sumatera Utara Irjen.Pol Drs. Martuani Sormin, M.Si pada Rakerda dan Focus Group Discussion (FGD) UPP Saber Pungli Provsu di Tuktuk Siadong bulan maret lalu. Selanjutnya akan diperlombakan di tingkat nasional dan akan ditetapkan sebagai oleh Presiden melalui penilaian-penilaian.

Tim UPP Saber Pungli yang hadir diantaranya, Inspektur Provsu Lasro Marbun selaku Wakil Ketua I UPP Saber Pungli Provsu, Aswas Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Didi Suhardi selaku Wakil Ketua II, Wakil Sekretaris I Kompol Haslinda. Kegiatan ini juga dihadiri oleh unsur forkompimda Kabupaten Samosir, Ketua UPP Saber Pungli Kab.Samosir, Para Asisten dan Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Samosir.

Bupati Samosir Drs.Rapidin Simbolon, MM dalam sambutannya sangat mengapresiasi dan menyambut baik rencana pencanangan Kab.Samosir sebagai kabupaten bebas pungli. Momen ini sangat penting mengingat Kab.Samosir sebagai daerah wisata sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat menjadi salah satu Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN).

Menurut Bupati, diharapkan dengan program pencanangan kabupaten bebas pungli ini, kiranya wisatawan baik lokal maupun internasional akan merasa nyaman dan selalu rindu untuk berkunjung ke Danau Toba khususnya Samosir, dan tentunya akan memberikan dampak positif bagi kesehjateraan dan geliat perekonomian di Kab.Samosir.

Bupati Samosir mengajak seluruh lapisan masyarakat mulai dari kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, pelaku wisata mendukung Samosir bebas pungli. Dengan penerapan bebas pungli di Samosir, semua sektor harus benar-benar bebas dari pungutan liar, terlebih pelayanan publik dalam cakupan yang luas.

Wakil ketua Pelaksana I UPP Saber Pungli Provsu Lasro Marbun menyampaikan agar Samosir mempersiapkan diri sehingga nantinya bisa lolos sebagai daerah bebas pungli. Menurutnya untuk mencapai keberhasilan ini diperlukan komitmen bersama baik perangkat daerah, swasta dan elemen masyarakat.

Sebagai ungkapan terima kasih kepada tim, Bupati Samosir bersama Forkominda memberikan cindera mata berupa ulos dan kopi samosir. Setelah pertemuan ini Tim UPP Saber Pungli Provsu juga melakukan kunjungan/pemantauan ke beberapa Pelayanan Publik (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Dinas Dukcapil dan SMA N 1 Pangururan).

Bagikan artikel:
This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top
×Close search
Search