skip to Main Content

OPTIMALKAN PENYEMPROTAN DISINFEKTAN, PEMERINTAH KABUPATEN SAMOSIR LIBATKAN DESA DAN MASYARAKAT

Pemkab Samosir optimalkan penyemprotan disinfektan dengan melibatkan desa dan masyarakat (Jumat, 27/3/2020). Di samping disinfektanisasi bekerja sama dengan TNI/Polri, pendekatan berjenjang ini diyakini dapat mengefektifkan pencegahan dan penanggulangan COVID-19 di Kabupaten Samosir.

Saat jeda makan siang, Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga memberikan semengat kepada personil dari SKPD terkait dan TNI/Polri di rumah dinas setelah menyelesaikan penyemprotan disinfektan dari Kantor Bupati Samosir hingga ke Desa Hatoguan.

Sinergitas Pemkab Samosir dengan TNI/Polri terpantau di lapangan pada saat penyemprotan disinfektan dan sosialisasi lewat pengeras suara di sepanjang jalan mulai dari Desa Rianiate hingga ke Nainggolan yang dikordinir petugas dari Polres Samosir, Koramil 03 Pangururan, Dinas Perhubungan, Dinas Kominfo, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Layanan terintegrasi juga dikordinasikan oleh Tim Gugus Penanggulangan COVID-19 di gerbang-gerbang masuk ke Samosir dengan mengadakan posko jaga 24 jam melalui jalan darat dan jalur air disesuaikan dengan trip kapal angkutan penumpang. Asisten I Setdakab Samosir, Mangihut Sinaga menyatakan kordinasi semua lini tetap dilaksanakan di setiap kecamatan untuk memastikan pencegahan dan penanggulangan COVID-19 dalam status siaga.

Pantuan di lapangan, perangkat desa bekerja keras melakukan penyemprotan disinfektan di rumah-rumah warga di seluruh kecamatan. Melalui penyemprotan ini diharapkan warga melanjutkan penyemprotan secara mandiri dan berkala untuk memastikan COVID-19 tidak masuk ke lingkungan mereka.

Besok (Sabtu, 28/03/2020) akan dilanjutkan penyemprotan disinfektan dari Kecamatan Nainggolan sampai dengan Kecamatan Onanrunggu. Gerakan masif dengan personil perangkat desa dan masyarakat yang dikordinasikan oleh para camat akan terus dilanjutkan hingga pandemi COVID-19 tidak lagi menjadi wabah.

Saat yang bersamaan, Dinas Kominfo Samosir turut menempelkan sticker himbauan-himbauan di kedai-kedai dan hotel-hotel yang ada di Pangururan, Sianjurmulamula, Simanindo, Tomok, Tuktuk, Palipi, dan Nainggolan. Juga, baliho-baliho terkait COVID-19 telah dipasang di tempat-tempat strategi. Melalui penempelan dan pemasangan ini, Pemkab Samosir berharap ada pengetahuan praktis warga tentang apa, bagaimana, dan mengapa mencegah COVID-19.

Beberapa warga di Pelabuhan Nainggolan dan Mogang, ketika ditanya tentang kegiatan penyemprotan disinfektan, menyatakan Pemkab Samosir dan TNI/Polri telah menunjukkan kesungguhan dalam penanganan COVID-19 di Samosir dan berharap kegiatan ini tetap dilakukan sampai berakhirnya wabah COVID-19.

Bagikan artikel:

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top
Search