skip to Main Content

PEMERINTAH KABUPATEN SAMOSIR GELAR RAPAT KOORDINASI PENCEGAHAN PENULARAN COVID-19

Dalam rangka menindaklanjuti Surat Keputusan Presiden RI Nomor 7 Tahun 2020 dan Instruksi Gubernur Sumatera Utara Nomor 188.54/2/INST/2020 tentang Peningkatan Kewaspadaan terhadap Corona Virus Disease (Covid-19) Wakil Bupati Samosir pimpin rapat koordinasi Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Virus Corona (COVID-19) di Aula Kantor Bupati Samosir, Selasa (17/3).

Turut hadir Kapolres Samosir AKBP M. Saleh, Kajari Samosir Budi Herman, Wakil Ketua DPRD Nasib Simbolon, Anggota DPRD Parluhutan Samosir, Sekretaris Daerah Drs. Jabiat Sagala, Pimpinan OPD, Para Camat, Kepala Desa dan Pimpinan BUMD Cabang Samosir.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga berpesan kepada para Camat dan Kepala Desa untuk menginformasikan kepada warga agar selalu menjaga kesehatan tubuh dengan pola hidup yang sehat dan mengkonsumsi asupan gizi yang cukup. Dalam situasi ini akan dibentuk Tim Terpadu (Satgas) yang nantinya ditempatkan di titik-titik pintu masuk Samosir dan objek-objek wisata  untuk mengantisipasi penyebaran covid-19 dengan berbagai alat pendeteksi suhu tubuh dan alat pendukung lainnya, untuk areal public akan dilaksanakan penyemprotan desifektan seperti onan dan tempat-tempat wisata. “ Pemerintah akan selalu berupaya memberikan yang terbaik kepada seluruh masyarakat samosir, oleh karna itu diharapkan kepada seluruh masyarakat agar tidak panik, tetap tenang, waspada dan menghindari penyebaran berita yang belum terkonfirmasi kebenarannya” Ujar Wakil Bupati.

Dalam hal ini Forkopimda Kabupaten Samosir menyampaikan siap untuk mendukung pembentukan Team Satgas dalam menangani pencegahan penyebaran Covid-19. Untuk biaya pembentukan Team, DPRD Samosir akan mengajukan deskresi anggaran untuk penyediaan setiap fasilitas yang dibutuhkan dalam menjalankan tugas pencegahan penularan Covid-19.

Kadis Kesehatan dr. Nimpan Karo-karo menjelaskan bahwa untuk saat ini kasus penyebaran COVID-19 belum sampai ke Samosir, baik yang terinfeksi maupun Orang Dalam Pengawasan (ODP). Namun masyarakat dihimbau agar waspada dan melakukan antisipasi dini dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, menjaga asupan makanan, buah dan sayuran yang cukup, berolahraga rutin dan menghindari rokok. Terlebih menghindari tempat-tempat keramaian, meminimalisir kontak fisik dengan sesama serta lebih sering mencuci tangan dengan air yang mengalir.

Bagikan artikel:

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top
Search