skip to Main Content

BUPATI SAMOSIR PIMPIN RAPAT SURVEI PENDAHULUAN DAN EKSPLORASI PANAS BUMI DI KABUPATEN SAMOSIR

Bupati Samosir, Rapidin Simbolon pimpin rapat survei pendahuluan dan eksplorasi panas bumi di Samosir di ruang rapat Bappeda (Kamis, 12/3/2020).

 Dalam sambutannya Bupati Samosir, menegaskan bahwa pada prinsipnya Pemerintah Kabupaten Samosir mendukung sepenuhnya eksplorasi panas bumi sebagai energi baru terbarukan yang ramah lingkungan. “Pihak investor jangan ragu untuk dukungan Pemerintah Kabupaten Samosir terhadap rencana investasi ini, dan seluruh regulasi yang ada dipatuhi agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.”  tegasnya sambil memperkenalkan Pimpinan OPD Kabupaten Samosir kepada pihak PT. Samosir Geothermal Power.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kasubdit Penyiapan Program Panas Bumi dan Kasi Kewilayahan Panas Bumi dari Kementerian ESDM RI, Sekretaris Daerah Kabupaten, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekdakab. Samosir, Pimpinan OPD, dan para pihak PT.Samosir Geothermal Power.

Havidh Nazif Kasubdit Penyiapan Program Panas Bumi, memaparkan secara rinci tentang energi baru terbarukan panas bumi yang dapat menghasilkan energi listrik. “Secara keseluruhan, di Samosir ada dua titik yang akan dieksplorasi yaitu Kecamatan Sianjurmulamula dan Palipi,” paparnya sambil menunjukkan rencana peta lokasi eksplorasi.

Dalam kesempatan yang sama, Aditya, Manajer proyek PT. Samosir Geothermal Power memaparkan rencana teknis, survei geologi, geofisika, geosains, dan pemetaan sosial. “Kita menginginkan eksplorasi ini direncanakan sebaik mungkin agar terjadi kesepahaman yang utuh terkait eksplorasi panas bumi ini,” katanya dengan harapan rencana ini dapat diterima secara terbuka oleh para pihak di lapangan. Survei yang dilaksanakan membutuhkan waktu 101 hari.

Kegiatan ini juga diisi dengan tanya jawab atas persoalan-persoalan teknis lapangan dan solusinya dengan para Pimpinan OPD. Tanya jawab terkait sistem panas bumi, energi berkelanjutan, pembangunan geothermal, eksplorasi, survei LiDAR dan geosains, proses perizinan.

Di bagian akhir kegiatan, disajikan video praktik-praktik terbaik eksplorasi energi baru terbarukan panas bumi di berbagai daerah di Indonesia dalam kaitannya dengan ramah lingkungan dan dampak pertumbuhan ekonomi di daerah eksplorasi.

Bagikan artikel:

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top
Search