skip to Main Content
BUPATI SAMOSIR BUKA MUSRENBANG KECAMATAN NAINGGOLAN DI AULA HKBP NAINGGOLAN

BUPATI SAMOSIR BUKA MUSRENBANG KECAMATAN NAINGGOLAN DI AULA HKBP NAINGGOLAN

Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Nainggolan, bertempat di Aula HKBP Kecamatan Nainggolan, Selasa (18/02). Musrenbang dibuka secara resmi oleh Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM. Turut hadir  Asisten II dan III, Kepala Bappeda, Pimpinan OPD, Forum Komunikasi Pemerintah Kecamatan, Camat Nainggolan, Kepala Desa se Kecamatan Nainggolan, Badan Pengawas Desa (BPD), Tokoh masyarakat, LSM dan Insan Pers.

Musrenbang dilaksanakan untuk menampung usulan-usulan program pembangunan untuk Tahun Anggaran 2021 yang sifatnya sangat prioritas atau bersentuhan langsung untuk peningkatan kesehjateraan masyarakat secara luas.

Dalam laporannya, Camat Nainggolan Drs. Barisan P. Simanullang, MM menyampaikan bahwa usulan yang disampaikan merupakan usulan dari setiap desa yang sudah dibahas dalam rembuk desa sebelumnya. Camat Nainggolan berharap berbagai usulan yang akan disampaikan dapat terealisasi di tahun 2021 demi kemajuan Kabupaten Samosir secara umum dan Kecamatan Nainggolan secara khusus. Kecamatan Nainggolan yang terdiri dari 13 Desa dan 2 Kelurahan menyampaikan usulan pembangunan sebanyak 157 usulan.

Bupati Samosir mengharapkan pembangunan yang akan direncanakan harus sesuai dengan Visi Kabupaten Samosir yaitu “Mewujudkan Masyarakat Yang Sejahtera, Mandiri dan Berdaya Saing Berbasis Pariwisata dan Pertanian”.

Berbagai usulan yang disampaikan akan dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021. Namun secara umum usulan tersebut tidak seluruhnya akan terlaksana dikarenakan keterbatasan dana APBD Kab. Samosir. Untuk itulah pemerintah daerah akan memilih skala super prioritas dari setiap usulan dengan tepat sasaran untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan keterbatasan dana tersebut, Bupati Samosir menerangkan bahwa Pemerintah Kabupaten Samosir terus melakukan pendekatan dan komunikasi dengan pemerintah pusat untuk mengambil dana pembangunan dari pusat.

Dalam kesempatan ini Bupati Samosir menyampaikan kepada Kepala Bappeda agar setiap desa dan kelurahan di Kecamatan Nainggolan dapat tersentuh oleh APBD Tahun 2021. Bupati Samosir juga menginstruksikan kepada Kepala Dinas Pertanian untuk selalu mendukung kemajuan pertanian di Kecamatan Nainggolan dengan pengembangan kelompok-kelompok tani, menyediakan air melalui pompanisasi dan ketersediaan pupuk, agar dapat menghasilkan produk yang berkualitas dan petani semakin sejahtera.

Bupati menyampaikan bahwa untuk tahun 2021, Thema RKPD Kabupaten Samosir adalah “Pembangunan SDM, Pemantapan Pariwisata dan Pertanian Untuk Pertumbuhan Ekonomi Yang Berkualitas”. Dengan harapan bahwa pencapaian indikator kinerja utama dapat menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya dan sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Bupati mengajak seluruh masyarakat agar merespon secara positif seluruh pembangunan yang ada dan sama- sama membangun Kabupaten Samosir dengan hati.

“Dalam meraih sukses, Orang batak mempunyai jurus tersendiri yang diwariskan leluhurnya secara turun temurun terhadap anak-anaknya. Kunci suksesnya adalah “MATA GURU, ROHA SISEAN” artinya tidak lain begini; ” Jadikan Mata sebagai guru dan Nurani sebagai tuntunan”, tutup Bupati Samosir.

Bagikan artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + two =

Back To Top
×Close search
Search