skip to Main Content

MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN (MUSRENBANG) DI KECAMATAN SIANJUR MULA-MULA

Bupati Samosir Rapidin Simbolon secara resmi membuka  Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Sianjur Mula-mula, di Aula Kantor Camat Sianjur Mula-mula, Sabtu (15/02).
 
Musrenbang ini dihadiri oleh Pimpinan dan Anggota DPRD Samosir, Sekda, Kepala Bappeda Samosir, Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD, unsur TNI/Polri, Camat Sianjur Mula-mula, para Kepala Desa, BPD, dan Tim PKK, kepala sekolah SD/SMP, tokoh masyarakat/agama, dan jurnalis.
 
Camat Sianjur Mula-mula Rudi Sitorus dalam laporan dan gambaran umum menjelaskan Musrenbang  Kecamatan Sianjur mulamula merupakan bentuk komitmen bersama dalam penyusunan skala prioritas pembangunan diantara para pemangku kebijakan di pemerintahan desa dan kecamatan dalam pencapaian pembangunan yang berkualitas, efektif, efisien, transparan dan akuntabel untuk anggaran tahun 2021.
 
Pada saat kegiatan, anggota DPRD Samosir Romauli Panggabean, memberikan sambutan terkait tujuan pelaksanaan Musrenbang Kecamatan agar tidak menjadi seremonial belaka namun merupakan perwujudan aspirasi dari desa untuk dilaksanakan pada tahun anggaran berjalan untuk mencapai visi dan misi Pemerintah Kabupaten Samosir. Dia juga berharap agar Bupati Samosir mendukung kinerja mereka untuk mewujudkan pembangunan di Kabupaten Samosir secara merata dan berkesinambungan. 
 
Bupati Samosir Rapidin Simbolon dalam arahannya menyampaikan terima kasihnya kepada para pihak yang telah melaksanakan Musrenbang di desa-desa hingga ke Kecamatan Sianjur Mula-mula. “Kecamatan Sianjur Mula-mula, jika dilihat dari visi dan misi Kabupaten Samosir, telah memenuhi unsur perwujudan pembangunan pariwisata dan pertanian,” ungkapnya secara berkaca-kaca sambil memberikan contoh-contoh dari kedua aspek tersebut. 
 
Dia juga mengungkapkan optimismenya akan penuntasan pembangunan jalan-jalan sampai akhir masa jabatannya di Kecamatan Sianjur Mula-mula dan disambut tepuk tangan oleh peserta Musrenbang. “Di samping pembangunan yang dilaksanakan, saya mengharapkan agar kita juga menjaga keseimbangan alam,” harapannya terkait bencana-bencana alam yang ada di Kabupaten Samosir.
 
Kepala Bappeda Samosir Rudi SM Siahaan, memaparkan perencanaan pembangunan di Kabupaten Samosir Tahun 2021 yang mencakup: (a) gambaran umum capaian pembangunan Kabupaten Samosir Tahun 2019, (b) sinkronisasi perencanaan pusaat dan daerah, dan (c) prioritas pembangunan Kabupaten Samosir Tahun 2021. Dia juga menegaskan esensi dari Musrenbang desa dan kecamatan merupakan titik awal pengakomodasian kebutuhan masyarakat secara riil. “Pemerintah Kabupaten Samosir tengah menggalakkan objek-objek wisata di Kecamatan Sianjur Mula-mula,” paparnya sambil memberikan fakta-fakta yang ada.
 
Dalam sesi tanya jawab, yang dimoderasi oleh camat Sianjur Mula-mula, terdapat dinamika-dinamika kebutuhan urgen yang disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Samosir untuk ditindaklanjuti. Secara umum, pertanyaan-pertanyaan yang muncul pada bidang pendidikan, pekerjaan umum, dan kesehatan. Seluruh pertanyaan diarahkan langsung ke dinas-dinas teknis yang menangani kebutuhan-kebutuhan yang disampaikan. Musrenbang Kecamatan Sianjur Mulamula berjalan secara dinamis dan interaktif.
 
Musrenbang Kecamatan Sianjur Mula-mula diakhiri dengan penandantanganan/penyerahan Berita Acara dari Camat Sianjur Mula-mula kepada kepala Bappeda Samosir untuk dilanjutkan pada Musrenbang Kabupaten Samosir Tahun 2020 yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.
Bagikan artikel:

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top
Search