skip to Main Content
BUPATI SAMOSIR PROMOSIKAN WISATA SAMOSIR DIHADAPAN ANGGOTA TPO SE-ASIA PASIFIK

BUPATI SAMOSIR PROMOSIKAN WISATA SAMOSIR DIHADAPAN ANGGOTA TPO SE-ASIA PASIFIK

Bupati Samosir Rapidin Simbolon menghadiri General Assembly Tourism Promotion Organization (TPO) ke 9 di Kota Busan, Korea Selatan, Kamis (26/09/2019).

Dalam pertemuan tersebut Bupati Samosir diberi kesempatan berbicara dihadapan anggota TPO dari berbagai negara dan Bupati Samosir memanfaatkan moment tersebut untuk mengenalkan wisata Samosir dan Kawasan Danau Toba termasuk perannya sebagai anggota dari Tourism Promotion Organization. 

Adapun rangkaian kegiatan yang telah dijadwalkan Pemerintah Korea antara lain sebagai berikut; 23-24 September pertemuan G to G, 25 September Pertemuan dengan anggota TPO, 26-27 September Paparan Bupati Samosir di hadapan majelis dan anggota TPO. Perjalanan Dinas ini juga sebelumnya telah disetujui Gubernur Sumatera Utara dengan Nomor Surat 099/1257/2019.

Kabupaten Samosir menjadi satu dari 124 Kabupaten/kota di berbagai negara yang tergabung dalam TPO For Asia Pacifik. Forum ini mempertemukan para pemimpin daerah se-Asia Pasifik dan seluruh delegasi yang memiliki semangat yang sama untuk memajukan daerahnya masing-masing khususnya bidang pariwisata. 

Sebagai informasi, Tourism Promotion Organization (TPO) merupakan organisasi internasional terbesar yang bergerak dibidang pariwisata, berdiri sejak tahun 2002 TPO dilahirkan untuk memudahkan jaringan antar kabupaten/kota untuk mempromosikan pertukaran dan pengembangan industri pariwisata di kota-kota besar di kawasan Asia Pasifik. 

Untuk tahun 2021 dimana TPO akan menyelenggarakan kegiatan serupa, dan pada hasil keputusan Majelis Umum TPO ke 9 di Busan ini menetapkan Sumatera Utara menjadi tuan rumah kegiatan ini dan Kabupaten Samosir menjadi salah satu Kabupaten penyelenggara acara tersebut. 

Pemerintah Korea sendiri sangat mengapresiasi masuknya Pemkab Samosir dalam keanggotaan Tourism Promotion Organization ini. Dan dari hasil pertemuan ini Pemerintah Kabupaten Samosir juga mengapresiasi Pemerintah Korea yang telah akan merealisasikan bantuan rabat beton sebesar 80 Juta/ desa dan akan terlaksana di 40 desa Tahap I dan II,  serta mendapat anggaran Penerangan Jalan Umum di 11 desa di Kabupaten Samosir. 

Dalam kegiatan ini juga Pemerintah Korea dan Akademisi Korea serta Pemkab Samosir menjadi peserta pameran pariwisata, dan dari antara peserta pameran pariwisata yang diundang seperti Provinsi Sumatera Utara, Kota Medan, Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Serdang Bedagai dan Kabupaten Samosir, namun hanya Pemkab Samosir yang mendapatkan kesempatan terpilih menjadi 

Forum ini menjadi titik baru bagi Pemerintah Kabupaten Samosir memperluas jaringan dan relasi dalam mempromosikan pariwisata, seni dan budaya, serta segala potensi lain yang dimiliki oleh Kabupaten Samosir ke dunia internasional.  

Bupati Samosir berharap dengan menjadi anggota TPO dapat mendorong pengembangan industri pariwisata melalui promosi secara sistemik di kawasan Asia Pasifik. Kehadirannya di acara tersebut juga sebagai media diskusi antar kepala daerah untuk pertukaran informasi, pengalaman dalam pemasaran wisata, pengembangan produk wisata baru dan membina sumber daya manusia di sektor pariwisata. 

Semoga Pariwisata Kawasan Danau Toba kita semakin maju dan dikenal dunia internasional dan pariwisata samosir secara khusus. 
We Love Lake Toba,  We love Samosir..

Bagikan artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 1 =

Back To Top
×Close search
Search