skip to Main Content
PERTUMBUHAN EKONOMI MENINGKAT, DANA INSENTIF DAERAH (DID) KABUPATEN SAMOSIR NAIK 226 PERSEN

PERTUMBUHAN EKONOMI MENINGKAT, DANA INSENTIF DAERAH (DID) KABUPATEN SAMOSIR NAIK 226 PERSEN

Pemerintah Kabupaten Samosir mendapat berkah sekaligus apresiasi atas kinerja selama ini dengan memperoleh kenaikan Dana Insentif Daerah dari Kementerian Keuangan RI sebesar 226,12 persen pada tahun 2020.

Hal ini disampaikan Bupati Samosir Rapidin Simbolon melalui Kadis Kominfo Samosir Rohani Bakara, Pangururan Rabu (25/09).

“Benar kita telah mendapat pemberitahuan dari Kemenkeu dimana kita memperoleh kenaikan Dana Insentif Daerah sebesar Rp.23,702 milyar, dimana pada tahun 2019 sebesar Rp. 10,482 milyar dan pada TA. 2020 menjadi Rp.34,184 milyar atau naik sebesar 226,12%” ujar Bupati Samosir.

Menurutnya, kenaikan DID tersebut diperoleh Pemkab Samosir karena hasil penilaian kinerja utama Opini WTP atas  LKPD Tahun 2018, Penetapan Perda dan Perbup APBD Tepat Waktu serta Penerapan e-Government.

Sesuai definisinya, DID adalah instrument fiskal berupa penghargaan kepada pemda yang memiliki kinerja baik dalam kesehatan fiskal, pengelolaan keuangan daerah, dan pelayanan publik.

Selain itu, kinerja lainnya yang menjadi penilaian adalah Pencapaian Pertumbuhan Ekonomi Daerah meningkat diatas rata-rata Provinsi dan Nasional, “Penilaian LPPD dari Kemendagri kategori sangat tinggi, kinerja pendidikan sangat tinggi dengan nilai rata-rata UN sangat tinggi dan angka APM SD/SMP yang diatas rata-rata nasional” tambah bupati.

Kinerja kesehatan terutama penanganan stunting yang baik serta konsistensi dalam kebijakan pengelolaan keuangan, pendidikan, kesehatan dan infrastruktur juga hal yang menjadi penilaian pemerintah pusat.

“Iya kita masih fokus pada pencapaian visi dan misi, pariwisata dan pertanian dengan dukungan penuh dari perbaikan infrastruktur, perbaikan pertanian dan irigasi, peningkatan SDM dan kesehatan” ucap Bupati Samosir. 

Secara total, Dana Transfer dari Pemerintah Pusat ke Kabupaten Samosir mengalami kenaikan pada Tahun Anggaran 2019 sebesar Rp.768,594 milyar, diproyeksikan tahun 2020 meningkat menjadi sebesar Rp.811,887 milyar atau meningkat sebesar Rp.43,293 milyar atau Naik 5,63%, termasuk didalamnya alokasi DAK yang baru yaitu untuk pembangunan Gedung Perpustakaan sebesar Rp.10 milyar dan pembangunan Gedung Olahraga sebesar Rp.15 milyar.

“Meningkatnya alokasi dana ini tentunya hasil kerja keras dari semua stake holder di Samosir, termasuk Pemkab dan seluruh jajaran SKPD, yang semuanya  didasari atas niat dan pengabdian demi Samosir bangkit, mandiri dan sejahtera”  tutup Bupati Samosir.  

Bagikan artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − 3 =

Back To Top
×Close search
Search