skip to Main Content
KUNJUNGI KAMPUNG ULOS DAN BATU PERSIDANGAN, PRESIDEN MINTA MENTERI PUPR MENATA DESTINASI WISATA BUDAYA

KUNJUNGI KAMPUNG ULOS DAN BATU PERSIDANGAN, PRESIDEN MINTA MENTERI PUPR MENATA DESTINASI WISATA BUDAYA

Bicara tentang Pulau Samosir bukan hanya tentang bentang alamnya yang eksotis, tetapi juga soal sejarah dan budaya adat batak itu sendiri. Salah satu daya tarik besar wisatawan datang ke pulau samosir adalah ingin mengetahui tentang asal usul suku batak beserta kebudayaan yang melekat didalamnya.

Presiden Jokowi di sela kunjungan kerjanya di Kampung Ulos Huta Raja, Selasa (30/7/2019) melihat besar nya aspek budaya sebagai daya tarik wisata di Pulau Samosir. Kekaguman Presiden terhadap salah satu kearifan lokal adat batak yaitu bertenun ulos yang merupakan warisan budaya yang harus terus dijaga dan dilestarikan. Untuk itu Presiden memerintahkan Kementerian terkait untuk merevitalisasi kampung ulos tersebut.

Untuk menambah daya tarik kampung ulos sendiri, Presiden ingin adanya penataan rumah-rumah adat dan menambahkan sentuhan artistik asli batak serta ukiran (gorga) yang semua desain nya akan dikerjakan oleh konsultan profesional. Pengerjaan ini juga harus memperhatikan masukan dari tokoh adat setempat, agar tidak ada unsur budaya yang melenceng. 

Sama hal nya dengan Kampung Ulos, ketika mengunjungi Batu Persidangan Huta Siallagan Presiden Jokowi juga menekankan kepada kementerian terkait untuk melakukan penataan dan penambahan unsur seni artistik batak. 

Dukungan pemerintah dalam hal ini Presiden Jokowi terhadap kemajuan pariwisata di Samosir khususnya aspek budaya sudah sepatutnya kita apresiasi dan menjadi perhatian kita bersama, baik masyarakat dan Pemerintah Kabupaten untuk terus menjaga dan melestarikan adat dan budaya sebagai bagian yang tidak bisa dipisahkan dari pariwisata Samosir itu sendiri.

Bagikan artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − two =

Back To Top
×Close search
Search