skip to Main Content
MENTERI PUPR TINJAU LANGSUNG PROYEK STRATEGIS NASIONAL DI SAMOSIR

MENTERI PUPR TINJAU LANGSUNG PROYEK STRATEGIS NASIONAL DI SAMOSIR

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama rombongan, Senin (29/07/2019) melakukan kunjungan kerja sekaligus peninjauan ke sejumlah lokasi pembangunan proyek strategis di Kabupaten Samosir. Diantaranya proyek raksasa preservasi dan pelebaran jalan lingkar Samosir, pelebaran alur terusan Tano Ponggol, water front city Pangururan, dan sejumlah objek wisata yang dirasa perlu dilakukan penataan.

Disela-sela kunjungannya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pekerjaan preservasi dan pelebaran Jalan Lingkar Samosir ditargetkan tuntas November 2019 dan alur terusan Tano Ponggol 2020. Menteri PUPR juga akan mengembangkan tiga dermaga di daerah tomok dan melakukan penataan pasar souvenir dan tradisional untuk mendukung kawasan wisata yang lebih baik.

“Nantinya, antar tiga dermaga itu akan kita hubungkan dengan jalan pedestrian, supaya orang bisa lewat di situ, di atas Danau Toba itu sendiri. Untuk pasar sendiri akan kita tata lagi karena sudah penuh, ke lahan dengan luas sekitar dua hektare yang akan dibebaskan oleh Pak Bupati, mudah-mudahan masyarakat bisa ikut mendukung karena ini akan kita tata menjadi kawasan wisata yang lebih baik,” ujarnya.

“Pulau Samosir merupakan salah satu destinasi dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Danau Toba yang diprioritaskan saat ini. Keinginan kuat pemerintah daerah untuk mensejahterakan rakyat melalui kegiatan pariwisata harus didukung penuh oleh Pemerintah Pusat karena ini untuk kepentingan masyarakat luas,” kata Basuki

Turut hadir dalam peninjauan tersebut, Bupati Samosir Rapidin Simbolon beserta Kepala OPD di Pemkab Samosir,  Dirjen Cipta Karya Danis H. Sumadilaga, Kepala BPIW Hadi Sucahyono, Direktur Sungai dan Pantai Ditjen Sumber Daya Air Jarot Widyoko, Direktur Pengembangan Kawasan Permukiman Didiet A. Akhdiat, Kepala BBPJN II Medan Sumatera Utara Selamet Rasidi, Kepala BWS Sumatera II Roy Pardede, dan Arsitektur Nusantara Yori Antar.

 

Bagikan artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 5 =

Back To Top
×Close search
Search