skip to Main Content
BUPATI SAMOSIR HADIRI PANEN RAYA TANAMAN JAGUNG DI PARBABA DOLOK

BUPATI SAMOSIR HADIRI PANEN RAYA TANAMAN JAGUNG DI PARBABA DOLOK

Bupati Samosir menghadiri pelaksanaan panen raya perdana tanaman jagung yang dikelola PT. Benget Rojaya Group yang bekerja sama dengan PT. Sumatera Harapan di Desa Parbaba Dolok Kecamatan Pangururan, Rabu (03/07/2019). Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten II Saul Situmorang, Staff Ahli Bupati Bidang Pembangunan Purnawawan Malau, Kepala Dinas Pertanian Victor Sitinjak, Kepala dinas Kominfo Rohani Bakara, Kabag Humas Hartopo Manik, Kabag Umum Ricky Rumapea, Direktur Benget Rojaya Group Punguan Situmorang, Kelompok Tani dan Para Pemilik lahan.

Punguan Situmorang selaku Direktur Benget Rojaya Group dalam sambutannya sangat mengapresiasi dukungan dari Pemkab Samosir, khususnya Bupati Samosir yang serius dan memberi perhatian dalam menggalakkan semangat para petani. Kerjasama antara masyarakat dan perusahaan ini diharapkan dapat berlanjut dan berdampak bagi kesehjateraan masyarakat dan perkembangan pertanian di Kabupaten Samosir.

Dalam sambutannya Bupati Samosir Rapidin Simbolon menyampaikan komoditas jagung mempunyai peran yang sangat strategis baik dalam sistem ketahanan pangan maupun perannya sebagai penggerak roda ekonomi Daerah dan Nasional. Beberapa tahun kedepan proyeksi permintaan jagung akan terus meningkat seiring dengan bertambah nya jumlah penduduk dan daya beli masyarakat.

Lebih lanjut, Bupati Samosir menyampaikan bahwa lima tahun terakhir Budidaya jagung di Kabupaten Samosir telah mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Ini dikarenakan oleh beberapaya upaya yang dilakukan, antara lain penerapan teknologi tepat guna, penggunaan varietas unggul, pengendalian orgasme dan penanganan pasca panen. Berdasarkan data dari Dinas Pertanian, Pada tahun 2014 dgn luas lahan 906 ha memproduksi 4.772 ton, tahun 2015 luas lahan 1476 ha produksi 6542 ton, tahun 2016 luas lahan 2156 ha produksi 7306 ton, tahun 2017 luas lahan 3215 produksi 19.513 ton, tahun 2018 luas lahan 5176 ha produksi 23.675 ton.

Kabupaten Samosir mempunyai potensi yang besar dalam meningkatkan produksi dan produktivitas jagung karena jumlah lahan yang sangat luas, dalam kesempatan ini Bupati Samosir mengajak masyarakat melihat potensi ini sebagai jalan untuk meningkatkan produksi pertanian, ketahanan pangan dan kesehjateraan masyarakat yang dititikberatkan pada sektor pertanian

Bagikan artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × four =

Back To Top
×Close search
Search