skip to Main Content
FESTIVAL GONDANG NAPOSO SALAH SATU RANGKAIAN EVENT HORAS SAMOSIR FIESTA 2019 DIBUKA SECARA RESMI BUPATI SAMOSIR

FESTIVAL GONDANG NAPOSO SALAH SATU RANGKAIAN EVENT HORAS SAMOSIR FIESTA 2019 DIBUKA SECARA RESMI BUPATI SAMOSIR

Festival Gondang Naposo 2019 yang digelar di Pantai Pasir Putih Tandarabun Kec. Simanindo secara resmi dibuka Bupati Samosir Rapidin Simbolon dan Wakil Samosir Juang SInaga yang turut dihadiri Tim Calender Of Event Kementerian Pariwisata RI I Gusti Ngurah Putera dan Dusep Mulya, Direktur Pemasaran BPODT Basar Simanjuntak, Ketua Komnas Perlindungan Anak Aris Merdeka Sirait, Polres Samosir, Sekda, para Staf Ahli, Asisten, pimpinan OPD se-Kabupaten Samosir.

Gondang Naposo 2019 ini merupakan rangkaian pertama dari Calender of Event Horas Samosir Fiesta 2019, yang juga tercatat sebagai bagian dari 100 Calender Of Event Wonderful 2019 pada Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Festival Gondang Naposo 2019 diikuti 25 tim yang terdiri dari 10 tim dari Kabupaten Samosir dan 15 tim dari luar Kabupaten Samosir. Festival Gondang Naposo ini akan dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 31 Mei – 01 Juni 2019 dengan berbagai kegiatan antara lain perlombaan/festival tortor naposo, kuliner rakyat, pemilihan sidoli najogi dan siboru nauli ( pasangan ter-romantis) dan akan dihibur Marsada Band dan Sangapajumpang Feat Herlin Siboro, dan bintang tamu Hobasta Trio dan Band Naff dari Jakarta.

Pada laporannya Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir Daulat Nainggolan, M.Kes menyampaikan bahwa pelaksanaan Festival Gondang Naposo 2019 mengambil Thema ” Akhirnya Ku Menemukan Mu”, yang merupakan event budaya yang dilakukan oleh muda/i (Naposo Bulung) untuk saling menyapa, mengenal dan mencari jodoh melalui tarian tortor gondang naposo sekaligus untuk mengembangkan dan melestarikan budaya batak. 

Penyelenggaraan Gondang Naposo ini juga bertujuan mengembangkan dan melestarikan seni dan budaya sebagai atraksi wisata, meningkatkan perekonomian masyarakat melalui efek multiplier dari pelaksanaan event, meningkatkan pendapatan asli daerah Kab. Samosir, mempromosikan pariwisata samosir dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

Bupati Samosir pada sambutannya berharap dukungan seluruh OPD se-Kabupaten Samosir dan seluruh masyarakat samosir untuk mendukung program Pemerintah Indonesia yang menjadikan Kabupaten Samosir bagian dari 4 (empat) destinasi super prioritas yang akan dikembangkan Pemerintah Pusat sebagai destinasi wisata internasional. Untuk itu Bupati mendorong Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir untuk terus gencar melakukan promosi baik melalui media, pelaksanaan pameran pariwisata yang dikemas dengan menarik, sehingga akan dapat mendukung program target kunjungan 1 juta wisatawan ke Sumatera Utara.(KS7)

Bagikan artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − thirteen =

Back To Top
×Close search
Search