skip to Main Content
Wakil Bupati Samosir Resmikan Perkedes Simanindo

Wakil Bupati Samosir Resmikan Perkedes Simanindo

SIMANINDO, Kominfo Samosir. Wakil Bupati Samosir, Juang Sinaga, meresmikan Perkumpulan Kepala Desa (Perkedes) se-Kecamatan Simanindo yang diinisiasi dan dibentuk oleh dua puluh kepala desa (Selasa, 14/5/2019) di Hotel Tio Beach, Desa Garoga, Simanindo.

Kegiatan tersebut dihadiri Kajari Samosir, Kadis Kominfo Samosir, Camat Simanindo, Kapolsek Simanindo, Danramil Simanindo, para kepala desa, tokoh masyarakat dan agama serta undangan lainnya.

Diawali dengan kebaktian singkat yang dipimpin Pdt. Frando Hutauruk, S.Th. yang mengambil nats renungan dari Matius 18:20 yang menekankan pembentukan perkumpulan 20 kepala desa ini merupakan wujud saling tolong menolong, pertukaran informasi desa antar para kepala desa dalam kasih Yesus Kristus untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat di desa.

Ketua Perkedes Simanindo terpilih (KadesTomok Parsaoran), Mangiring Sidabutar, mengajak para kepala desa untuk mengucap syukur kepada TUHAN dengan mengajak para kepala desa ini dapat menyatukan visi dan misi dalam membangun desanya.

“Kiranya dengan terbentuknya wadah ini para kepala desa di Kecamatan Simanindo dapat semakin sering berdiskusi dan bertukar informasi seputar permasalahan dan perkembangan di desanya,” harapnya dengan sunguh-sungguh. “Sebelum berakhir masa jabatan sebagai kepala desa nantinya, dapat meninggalkan kesan yang terbaik bagi generasi penerus desa,” ungkapnya dengan semangat.

Kajari Samosir, diwakili oleh Kasi Intel, Aben Situmorang, mengapresiasi terbentuknya organisasi Perkedes ini sebagai media mempercepat pembangunan di desa. “Kejari Samosir siap mendukung dan mengawal dana pembangunan yang digelontorkan di desa serta memastikan dana desa untuk proyek infrastruktur dan lainnya berjalan dengan baik,” tegasnya. “Untuk itu mari bapak/ibu para kepala desa agar menggunakan dana pembangunan di desa dengan baik dan benar,” ajaknya dalam rangka memberhasilkan pembangunan di desa.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Simanindo juga berharap dengan wadah organisasi ini para kepala desa dapat bertambah dewasa dalam pembangunan pemerintahan di desa. Di samping itu, wadah ini dapat menyatukan persepsi para kepala desa dalam pembangunan pemerintahan di desa dari sisi pengembangan perekonomian, kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur serta bidang lainnya untuk mensejahterakan masyarakat desa.

Di samping itu, Kadis Kominfo Samosir, Rohani Bakara, mengapresiasi wadah ini sebagai media penyatuan persepsi dan pemikiran untuk membangun desa. “Dinas Kominfo siap membantu para kepala desa dalam menginformasikan potensi desa baik dalam bentuk audio visual dan berita sebagai sarana promosi perkembangan desa,” ungkapnya di sela-sela mengikuti kegiatan tersebut.

Wakil Bupati Samosir, Ir. Juang Sinaga, di akhir sambutannya, mendukung dan mengapresiasi pembentukan wadah perkumpulan para kepala desa se-Kecamatan Simanindo ini sebagai sarana untuk berbagi tentang cara menyelesaikan masalah-masalah di desa sehingga dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik. Dia juga berpesan para kepala desa, sebagai ujung tombak pemerintahan di desa, menumbuhkembangkan budaya “gotong royong dan marsiadap ari” sebagai kearifan lokal yang sudah mulai terkikis dapat dipertahankan dalam membangun desa. (KS7)

Bagikan artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
×Close search
Search