skip to Main Content

BANJIR BANDANG DI KECAMATAN SITIOTIO KAB. SAMOSIR

Pada hari Jumat, 3 Mei 2019 sekitar pukul 14:30 WIB telah terjadi hujan ringan disertai petir di : Dusun I, Dusun II, Dusun III Desa Buntu Mauli Kec. Sitio tio Kab. Samosir, dan sekitar pukul 15:00 WIB terjadi hujan es dengan intensitas tinggi yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam. Hujan tersebut mengakibatkan meluapnya air dari Binanga (sungai) Sigala-gala menuju kampung Lumban Binanga.

Menurut keterangan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Samosir, Drs. Mahler Tamba yang dihimpun dari berbagai sumber, diperkirakan pukul 16.00 WIB terjadi Banjir Bandang yang menimpa daerah tersebut yang mengakibatkan korban jiwa yaitu 1 (satu) org korban meninggal atas nama Tiaman br. Situmorang yang sebelumnya dilaporkan hilang telah berhasil ditemukan dan sudah diserahkan kepada pihak keluarga mendiang serta 1(satu) org korban luka dan patah tulang atas nama Rustan br. Situmorang telah dibawa ke rumah sakit terdekat dan telah dirujuk ke rumah sakit di Medan untuk penanganan lebih lanjut.

Adapun kerugian materil adalah 4  (empat) Unit rumah rusak berat yaitu 3 (tiga) unit rumah permanen, 1 (satu) unit semi permanen. Disamping itu kerugian materil lainnya diperkirakan adalah lahan pertanian lebih kurang 5 Ha, ternak kurang lebih  100 ekor, instalasi air ( selang, pipa) hilang/rusak yang diperkirakan sepanjang 850 mtr, bak penampung air Sigala-gala rusak berat, perhiasan (emas), uang tunai, dokumen-dokumen penting serta jembatan Sigala-gala rusak parah sehingga akses jalan menuju Desa Sabulan terputus.

Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah telah melakukan tindakan membantu melakukan pencarian korban Bersama Tim SAR, TNI, Polri, Unsur Kecamatan, Aparat Desa serta Relawan Masyarakat sekitar. Tenda Posko telah didirikan dan memberikan bantuan logistik bagi Korban Bencana. Adapun kendala yang dihadapi adalah transportasi ke lokasi kejadian sangat terbatas yaitu melalui penyeberangan danau. Dan menurut prakiraan cuaca dari BMKG, masih berpotensi hujan dengan intensitas tinggi.

Bupati Samosir, Wakil Bupati Samosir, Wakapolres Samosir serta aparat pemerintah telah meninjau langsung ke lokasi kejadian dan memonitoring langsung penanganan penanggulangan bencana tersebut dengan mengerahkan alat berat serta memberikan semangat bagi korban bencana agar tabah dalam menghadapi bencana ini.

Bagikan artikel:

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top
Search