skip to Main Content

MPR RI GELAR SOSIALISASI EMPAT PILAR KEBANGSAAN DI KABUPATEN SAMOSIR

Bertempat di Aula A.E. Manihuruk Lumban Suhi-suhi Kecamatan Pangururan MPR RI bekerja sama dengan Pemerintah kabupaten Samosir melalui Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol) menggelar sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, Rabu (20/03).

Sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal MPR RI Ma’aruf Cahyono, SH.MH, Staf Khusus Ketua DPD RI Edison Manurung, dan Anggota DPD RI Parlindungan Purba sebagai Narasumber Sosialisasi empat pilar kebangsaan.
Dalam laporannya Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Samosir Paris Manik menyampaikan tujuan diselenggarakan kegiatan sosialisasi empat pilar yaitu untuk menambah wawasan tentang kebangsaan dan memperkuat Integritas Bangsa budaya gotong royong, sifat toleransi, saling menghormati satu sama lain dalam bingkai NKRI, dan memperkuat kembali nilai-nilai berkebangsaan dan cinta tanah air.
Adapun peserta dalam kegiatan ini diikuti oleh 400 orang, diantaranya Para Pimpinan OPD dan staf, FKUB, Kepala Desa, Ormas, LSM, Tokoh masyarakat, dan pelajar siswa/i SMA/SMK. Kegiatan ini seluruhnya dibiayai oleh pihak Sekjen MPR RI
Dalam sambutannya Wakil Bupati Juang Sinaga menyampaikan Selamat datang dan terimakasih kepada MPR RI yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal Ma’aruf Cahyono yang telah menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di kabupaten Samosir. Dengan sosialisasi ini diharapkan dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik di Kabupaten Samosir. Kegiatan seperti ini sangat perlu dilaksanakan sebagai pengingat bahwa kesatuan dan persatuan Bangsa Indonesia terbentuk berdasarkan Pancasila,
dalam kesempatan ini juga menghimbau kepada seluruh peserta terkait dengan pesta demokrasi diharapkan agar bersama-sama menciptakan suasana kondusif, aman sebelum dan sesudah masa Pemilu serentak. “Karna pilihan anda menentukan nasib Bangsa untuk lima tahun kedepan” Ujarnya.

Dalam Sambutannya Sekretaris Jendral Ma’aruf Cahyono menyampaikan, Negara akan berjalan kondusif ketika masyarakat memahami nilai-nilai empat pilar kebangsaan. Negara memiliki tugas untuk mensosialisasikan empat pilar kebangsaan kepada generasi muda yang cemerlang dalam mengantusiasi politik yang dapat memecahbelahkan kesatuan dan persatuan Bangsa
Mentransfer sebuah nilai kepada generasi muda tidak dapat dilakukan dalam sekejam mata. Butuh waktu panjang dan terus menerus untuk mentransfer nilai-nilai dalam empat pilar kebangsaan, empat pilar juga mampu meminimalisir tindak pidana korupsi dan unsur politik yang berbaur kebencian. Cara penyampaian dengan baik dapat diberikan dengan cara yang berbeda yang dapat memberi pemahaman kepada generasi penerus Bangsa, butuh kerja keras dalam menjaga kesatuan dan persatuan Bangsa agar tetap satu dalam Bhineka Tunggal Ika. “Kejujuran dan kerja keras adalah kunci utama suksesnya suatu Negara” ujar Sekjen DPR RI.

Acara dilanjutkan dengan pemberian cindramata sebagai wujud terimakasih dalam memberikan pandangan tentang persatuan dan kesatuan Indonesia yang berlandaskan pada Pancasila dan sesi tanya jawab. Turut hadir dalam acara Ketua DPRD Samosir, Wakapolres Samosir, Kejari Samosir.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
×Close search
Search