skip to Main Content

DEKLARASI PEMILU DAMAI 2019 TOLAK BERITA HOAKS

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Samosir (FORKOPIMDA) bersama elemen masyarakat menggelar Deklarasi Pemilu Damai 2019 dan Menolak Berita Hoaks yang diselenggarakan DPRD Kabupaten Samosir di Aula DPRD Samosir, Rabu(20/3).

Hadir dalam Deklarasi tersebut Pimpinan dan Anggota DPRD Samosir, Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga, Kapolres Samosir AKBP. Agus Darojat, Pabung 0210/TU, Mewakili Kajari Samosir, Ketua KPU, Ketua Bawaslu Samosir, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, sejumlah Pimpinan OPD dan Camat Se-Kabupaten Samosir
Komitmen bersama dalam menjaga Pemilu Damai dan Menolak Berita Hoaks tersebut dituangkan dalam sebuah naskah deklarasi yang ditandatangi oleh Forkopimda, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat untuk menjaga keamanan dan kenyamanan menjelang Pesta Demokrasi yang akan datang.

Ketua DPRD Samosir Rismawati Simarmata dalam sambutannya menyampaikan bahwa kekuasaan diberikan bukan direbut. Demokrasi menekankan posisi hukum berada diatas segalanya. Bila penyelenggara pemilu, calon yang berkontestasi dan masyarakat mematuhi tata tertib dan peraturan yang berlaku maka akan tercapai pemilu yang berintegritas dan damai.

Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga dalam arahannya mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini. Wagub menyampaikan Pemkab sudah melaksanakan koordinasi dengan penyelenggara pemilu KPU dan Bawaslu dalam rangka mensukseskan pelaksanaan pemilu 2019. Kita semua bertekad bahwa pelaksaan pemilu harus berjalan aman dan damai. Tetapi bagaimana kita memaknai damai dalam konteks pelaksanaan pemilu, salah satunya adalah bagaimana kita memastikan bahwa setiap pemilih merasa aman akan hak pilihnya tanpa adanya intimidasi ataupun ancaman oleh kalangan yang tidak bertanggung jawab. Jadi bukan hanya aman damai dalam pelaksanaannya saja tetapi harus beretika dalam menentukan pilihannya. Wakil Bupati juga berharap Samosir bisa mendapatkan peringkat tertinggi dalam tingkat partisipasi pemilihnya dan juga tingkat tertinggi dalam keamanan pelaksanaan pemilu. Maka diminta kepada Tokoh masyarakat bersama seluruh elemen dan stake holder terkait agar bekerjasama menjaga stabilitas dan netralitas pelaksanaan pemilu sehingga berjalan dengan sukses, aman dan damai tanpa ada perselisihan.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
×Close search
Search