skip to Main Content
WAGUBSU HADIRI PUNCAK PERAYAAN HARI JADI KABUPATEN SAMOSIR KE XV

WAGUBSU HADIRI PUNCAK PERAYAAN HARI JADI KABUPATEN SAMOSIR KE XV

#WAGUBSU; “Kekompakan antara Bupati dan Wakil Bupati Merupakan Satu Kunci Keberhasilan Dalam Membangun Daerah”

Kemeriahan puncak perayaan hari jadi Kabupaten Samosir yang ke XV berlangsung di Halaman kantor Bupati, Rabu (27/02) dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara H. Musa Rajekshah. Perayaan Hari jadi yang ke XV Kabupaten Samosir berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 25-27 Februari 2019 yang diisi dengan berbagai kegiatan yang berbaur adat istiadat budaya batak

Turut hadir dalam puncak perayaan Anggota DPR RI Trimedya Panjaitan, Jonni Allen marbun, Anggota DPD RI Parlindungan Purba, Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara Kemendagri Robert Simbolon, Bupati dan Wakil Bupati Samosir bersama dengan FKPD, Sekdakab Samosir, Bupati Tobasa Darwin Siagian, Wabup Taput Mauliate Simorangkir, Mantan Penjabat Bupati Samosir Wilmar Simanjorang, Mantan Bupati Samosir Periode 2005-2015 Mangindar Simbolon, Manager Sales Silangit Airport, Direktur PT. Bank Sumut, PT.TPL, Pimpinan OPD Kabupaten Samosir, Tokoh Pemrakarsa serta Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Samosir.

Perayaan diawali dengan Kebaktian untuk mengucap syukur atas berkat Tuhan Yang Maha Esa dalam perjalanan XV Tahun Kabupaten Samosir. Selanjutnya dilanjutkan dengan Acara Kenegaraan, dan Pemotongan Kue Ulang Tahun.
Dalam rangkaian acara tersebut Wagubsu didampingi Bupati dan Wakil Bupati Samosir melakukan Launching agenda tahunan Pemkab Samosir “Horas Samosir Fiesta” yang ditandai dengan penekanan tombol sirene dan pelepasan balon. Agenda HSF 2019 akan menampilkan Festival Gondang Naposo, Karnaval Sigalegale, Horja Bius, Samosir Music International, Samosir Lake Ultra Maraton, Samosir Solubolon Festival, Lake Toba Film Festival Dan 1000 Tenda serta Chrismast Season. Pada saat yang sama juga dilakukan Launching 2 buah Bus Wisata Kabupaten Samosir yang akan melayani wisatawan secara reguler dari Pangururan ke sejumlah Objek Wisata di Kec. Sianjur Mulamula dan Harian dan kembali lagi ke pangururan.

Ketua Panitia Perayaan Hari Jadi XV Kabupaten Samosir Drs. Mangihut Sinaga, MM dalam laporannya menyampaikan Perayaan Hari Jadi XV Kabupaten Samosir sebagai perenungan dan refleksi ditengah pasang surutnya demokrasi, sosial budaya dan pembangunan sekaligus mengevaluasi komitmen dasar pemekaran Samosir dengan Thema : Tingkatkan Kualitas Kerja dan Daya Saing Daerah Demi Samosir Maju, Mandiri dan Sejahtera. Rangkaian Perayaan Hari Jadi XV Samosir yang dilaksanakan 3 (tiga) hari 25-27 Pebruari 2019 telah melakukan berbagai rangkaian kegiatan diantaranya pada 25 Pebruari digelar Karnaval Becak Motor Hias yang diikuti oleh 114 unit Becak hias dari Parbaba menuju Kantor Bupati, Pameran Pembangunan 3 Hari Sebanyak 31 peserta sekaligus stand kuliner. Pada hari kedua (26 Pebruari) dilakukan pencanangan zona integritas dan penyerahan sertifikat PTSL oleh BPN Samosir, Kunker FKPD dengan topik Suksesnya Pemilihan Umum Presiden/Wapres, Legislatif 17 April 2019. Dan pada Puncak Perayaan hari ini akan dilaksanakan berbagai kegiatan dalam memeriahkan Perayaan Hari Jadi Xv Kabupaten Samosir.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon didampingi Wabup Juang Sinaga dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada seluruh Tamu undangan atas kehadirannya dalam perayaan Hari jadi Pemkab Samoair yang ke XV. Perayaan ini adalah sebagai bentuk ucapan syukur serta sebagai momentum untuk merefleksi XV tahun perjalanan pasang surut kehidupan sosial pembangunan dan demokrasi di Kabupaten Samosir. Semoga dalam perayaan ini Tuhan memberi kebijaksanaan kepada seluruh Aparatur Pemkab Samosir dalam menjalankan tugas Pemerintahan serta kesehatan kepada seluruh elemen masyarakat.

Komitmen bekerja keras, cerdas, tulus dan iklas adalah dasar utama Pemerintah Kabupaten Samosir dalam mewujudkan visinya demi membangun Samosir yang Mandiri, Sejahtera dan Berdaya Saing.
Dalam perjalanan XV Tahun, Kabupaten Samosir telah banyak mencapai penghargaan di tingkat Provinsi dan Nasional, penghargaan tersebut merupakan kerjasama antara seluruh elemen Pemerintah dan masyarakat serta seluruh pihak yang turut ambil bagian. Dan tidak lupa atas bantuan Pemerintah Pusat khususnya Presiden RI Joko Widodo yang telah memperhatikan Kabupaten Samosir dengan memberikan Dana untuk peningkatan pembangunan diantaranya Peningkatan Jalan Nasional, Pelebaran alur dan Pembangunan Jembatan Tano Ponggol, Pembangunan Dermaga Pelabuhan Simanindo dan Ambarita, Pengadaan Kapal Fery Ihan Batak serta berbagai bantuan Alsintan dan Pembangunan Air Bersih.

Bupati juga tidak bosan-bosannya mengharapkan dukungan pemerintah Provinsi dan Pusat serta seluruh masyarakat untuk bersama-sama bergandengan tangan untuk membangun Samosir dan Danau Toba sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional. Tantangan dan perkembangan jaman menjadi motivasi Pemkab Samosir dalam pelaksanaan pembangunan dan mewujudkan pelayanan efektif dalam Tahun Kualitas dengan optimis dan percaya diri

Mewakili Bupati Se-Kawasan Danau Toba, Bupati Tobasa Darwin Siagian menyampaikan selamat Hari Jadi XV Kabupaten Samosir. Pariwisata sebagai andalan pembangunan di kawasan Danau Toba perlu perhatian serius dari seluruh stakeholder khususnya masalah kebersihan.

Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara Kemendagri Robert Simbolon membacakan sambutan Mendagri menyampaikan Selamat Hari Jadi dan terimakasih kepada jajaran dan legialatif atas pengabdian dan kontribusi positif dalam perjalanan 15 Tahun Kabupaten Samosir. Perayaan ini sebagai momentum berharga bagi pengambil kebijakan sebagai refleksi atas capaian suatu kinerja, Isu strategis yang menonjol yang harus diseriusi oleh Pemkab Samosir sesuai RPJMD 2016-2021 adalah isu kemiskinan, Kualitas pelayanan sosial bagi masyarakat. Kontribusi masyarakat luas dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, Menjaga mentalitas dan identitas profesionalisme penyelenggara Pemerintahan dengan penuh amanah dan bertanggung jawab. Serta menjaga kondusifitas keamanan dan menjaga stabilitas dinamika politik, Membangun Samosir dengan basis budaya dan adat agar tetap dipertahankan sebagai awal kebangkitan kepariwisataan Samosir.

Anggota DPR RI Trimedya Panjaitan dalam sambutannya mengapresiasi kekompakan pemerintahanan Rapidin Simbolon dan Juang Sinaga dalam membangun Samosir. Beliau juga berharap agar pelayanan pariwisata di Samosir ditingkatkan serta memperhatikan kondisi kebersihan Objek Wisata hingga permukiman warga, yang juga menjadi penilaian Wisatawan.

Wagubsu H. Musa Rajekshah dalam sambutannya atas nama Pemprovsu menyampaikan selamat atas perayaan Hari Jadi XV Kabupaten Samosir. Kekompakan dan kebersamaan adalah sebagai modal utama dalam pembangunan Samosir, sama halnya dalam membangun Sumatera Utara dubutuhkan kerjasama seluruh Bupati dan Walikota serta elemen masyarakat. Beliau meyakini bahwa cita-cita awal tokoh pemekaran dan pemerintahan sebelumnya adalah untuk anak cucu kita kelak, bukan hanya untuk kelompok tertentu.

Dalam kesempatan ini Wagubsu mengajak Pemkab se-kawasan Danau Toba untuk bersama-sama merancang bagaimana membangun tempat pengolahan sampah terorganisasi, karna memang masalah kita adalah kebersihan. Dalam pembangunan pariwisata Danau Toba beliau berharap pengakuan atas Geopark Kaldera Toba secepatnya terealisasi sehingga menjadi pemicu peningkatan pariwisata Danau Toba yang memberi manfaat bagi masyarakat kawasan Danau Toba dan Sumatera Utara.
“Kami sebagai Pemerintah Provinsi, apa yang bisa kami lakukan pasti kami bantu. Kami akan terus datang ke sini, bukan hanya karena hari jadi saja tetapi lain waktu” Ujar Wagubsu.

Pada kesempatan ini tokoh adat masyarakat Samosir memberikan ulos sebagai tanda kasih kepada seluruh tamu undangan, selanjutnya acara dilanjutkan dengan hiburan-hiburan masyarakat, tari budaya batak, dan tari sanggar seni

Bagikan artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
×Close search
Search