skip to Main Content
Bupati Dan Wakil Bupati Samosir Panen Padi Bersama Kelompok Tani “Berkarya” Kec. Palipi.

Bupati dan Wakil Bupati Samosir Panen Padi Bersama Kelompok Tani “Berkarya” Kec. Palipi.

Bupati dan Wakil Bupati Samosir Panen Padi Bersama Kelompok Tani Berkarya (11/5). Kelompok tani Berkarya yang terletak di Kecamatan Palipi ini berhasil mengembangkan padi jenis Wakenggo umur 100 hari pada lahan 12 Rante dengan hasil 8,1 ton gabah kering. Keberhasilan ini disampaikan ketua kelompok Sudiwanto Sihotang.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon dan Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga bersama beberapa pimpinan OPD melakukan panen bersama masyarakat. Nampak masyarakat begitu bersukacita melaksanakan panen bersama Bupati dikarenakan hasil panen meningkat berkat bimbingan dan bantuan Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Pertanian.

Setelah acara panen bersama Bupati dan Wakil Bupati melakukan dialog singkat dengan para petani menanyakan apa yang menjadi kendala atau permasalahan petani dalam mengelola pertaniannya.

Pada kesempatan itu juga ketua kelompok menyampaikan permintaan kepada bupati Samosir yaitu bahwa kelompok mereka membutuhkan mesin pemanenan padi (combine harvester) dan keringanan biaya pemakaian traktor dalam pengolahan lahan. Setelah panen maka diharapkan melalui traktor Pemkab Samosir untuk mengembalikan kesuburan tanah dengan cara mengolah tanah dengan alat berat tersebut.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon dan Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga menyanggupi permintaan tersebut dan berjanji akan memberikan bantuan dimaksud, terkait dengan keringanan biaya Pemkab Samosir mendukung dan akan membantu. Bupati juga menjelaskan bahwa di daerah Palipi Pemerintah Kabupaten Samosir sudah membangun Pompa air yang difungsikan apabila musim kemarau sehingga petani bisa meningkatkan proses penanaman lebih maksimal lagi tanpa mengharapkan hujan.

Pada panen ini, turut hadir anggota DPRD kabupaten Samosir Viktor Simbolon, beberapa kepala OPD diantaranya Asisten II Saul Situmorang, Kadis Pertanian Erkanus Simbolon, Kadis Ketahanan Pangan Walson Sagala, Kadis Koperindag Viktor Sitinjak Kasat Pol PP, Sekretaris Dinas Kominfo, Kabag Humas dan Kerjasama, Camat Palipi, Kepala BPS, Danramil Palipi.

  

Bagikan artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 − two =

Back To Top
×Close search
Search