skip to Main Content

Magister Ilmu Geografi UI Studi lapangan di Kabupaten Samosir

Bertempat di rumah dinas,Bupati Samosir menerim audiensi Dosen dan Mahasiswa Magister Ilmu Geografi Universitas Indonesia (24/04) dalam rangka pelaksanaan kuliah lapangan yang dimulai sejak tanggal 22 s/d 27 April 2018. Hadir pada kesempatan ini para Asisten I Mangihut Sinaga, Kepala Bappeda Rudi Siahaan, Kadis Pariwisata Ombang Siboro, Kadis Lingkungan Hidup Sudion Tamba, Kadis PU Pantas Situmorang, Kadis Pertanian Erkanus Simbolon, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Mahler Tamba.

Para Dosen Universitas Indonesia yang terdiri dari Rudy P Tambunan, Eko Kusratmoko, Hari Kartono, Djamang Ludiro dan 10 orang mahasiswa Magister Geografi Universitas Indonesia.Tema pada Kuliah lapangan Universitas Indonesia ini yaitu “Model pengelolaan pariwisata berkelanjutan di Kabupaten Samosir”.

Adapun yang menjadi kegiatan para mahasiswa Universitas Indonesia tersebut dalam kuliah lapangan diawali dengan koordinasi tehnis dengan Bappeda Kabupaten Samosir dan koordinasi terkait permintaan data dengan Dinas Pariwisata, Dinas Perhubungan, Dinas Pertanian, Dinas Dukcapil dan Badan Penanggulangan bencana daerah yang dilanjutkan dengan survey lapangan.

Rudy P Tambunan salah seorang Dosen Universitas Indonesia menyampaikan dalam kuliah lapangan ini para mahasiswa akan melakukan penelitian terkait pemodelan distribusi sumber daya alam sebagai asset pariwisata, penentuan lokasi prioritas pembangunan RTH di Pangururan, Evaluasi aksibilitas jalan di pulau Samosir menuju danau Sidihoni dan network analysis, analysis kenyamanan iklim untuk paariwisata dan analysis bahaya longsor untuk strategi pengembangan pariwisata di kabupaten Samosir.

Bupati menyambut baik para dosen mahasiswa dan universitas Indonesia melakukan kuliah lapangan di Kabupaten Samosir dan menyampaikan bahwa Kabupaten Samosir merupakan salah satu destinasi wisata yang kaya akan budaya dan keindahan alam yang sangat menarik oleh karenanya disebut dengan Negeri indah kepingan surga.

Bupati Rapidin Simbolon merasa senang menyambut para tamu yang berkunjung ke Kabupaten Samosir apalagi dari para kalangan Akademis, berharap kedatangan ini bisa memberikan masukan-masukan dan bertukar pikiran dalam hal memajukan Pembangunan Samosir. Hasil kajian para mahasiswa magister Ilmu Ekonomi UI ini diharapkan bisa nantinya disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Samosir untuk digunakan sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan.

          

Bagikan artikel:

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top
Search