skip to Main Content
Sosialisasi Saber Pungli Di Kabupaten Samosir.  Sekda : Hilangkan Pungli Di Samosir Khususnya Di Daerah Wisata.

Sosialisasi Saber Pungli di Kabupaten Samosir. Sekda : Hilangkan pungli di Samosir khususnya di daerah wisata.

Untuk lebih meningkatkan pemberantasan pungli di Kabupaten Samosir dilakukan Sosialisasi Saber pungli oleh Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Kabupaten Samosir pada hari Rabu, 11 April 2018 di Ruang Rapat Kantor Bupati Samosir.

Dalam laporannya Inspektur Kabupaten Samosir Waston Simbolon menyampaikan acara ini dilakukan oleh Tim Saber Pungli (Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar) Kabupaten Samosir untuk lebih meningkatkan pelayanan publik khususnya menghilangkan Pungutan Liar(Pungli). Kegiatan seperti ini akan dilakukan sepanjang tahun 2018 sebanyak 17 kali.

Bupati Samosir yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir Jabiat Sagala menyampaikan bahwa pungli ini harus dihilangkan karena mengganggu pelayanan publik, bukan masalah berapa besar uangnya. Kecil besar punglinya mengganggu pelayanan publik, kita berharap Tim ini bekerja dengan baik agar kenyamanan masyarakat terjamin. Jangan pernah terdengar lagi kalo bisa dipersulit jangan dipermudah disampaikan mengakhiri sambutannya.

Acara ini diisi dengan paparan dari narasumber yakni Kapolres Samosir dan Kajari Samosir dengan topik Pengertian Pungli dan Pungutan liar (Pungli) dalam perspektif Peraturan Perundang-undangan. Kapolres Samosir yang dalam hal ini diwakili oleh Wakapolres Samosir menyampaikan bahwa tugas Saber Pungli adalah memberantas pungutan liar secara efektif dan efisien dengan mengoptimalkan pemanfaatan personel, satuan kerja, sarana prasarana baik yang berada di kementerian /lembaga maupun pemerintah daerah.

Tim saber pungli mempunyai beberapa wewenang seperti membangun sistem pencegahan dan pemberantasan pungutan liar, melakukan operasi tangkap tangan serta melaksanakan evaluasi kegiatan pemberantasan pungutan liar.

Kajari Samosir Edward Malau dalam paparan menyampikan penjelasan mengenai tindak pidana pungutan liar. Jangan pernah melakukan pungli dikarenakan telah merusak sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Sosialisasi ini diikuti oleh Para Asisten Setdakab Samosi, Kepala OPD se Kabupaten Samosir dan para sekretaris pada OPD Kabupaten Samosir. Sebelun penutupan dilakukan acara tanya jawab salah satu yang dipertanyakan adalah bagaimana melegalkan sebuah pungutan liar di destinasi wisata. Apalagi lahan parkir destinasi tersebut adalah tanah masyarakat. Nara sumber menjawab kalo tidak ada regulasi dan karcisnya itu dianggap pungli.

Nara sumber menambahkan agar Pemkab peka dalam hal tersebut lakukan MOU dengan masyarakat agar perlakuan disana menjadi legal. Sehingga masyarakat yang berkunjung lebih nyaman dan tidak merasa dirugikan. Mari kita hilangkan pungutan liar di Samosir khususnya di tempat wisata ujar Sekda menambahkan.(RR/Stmr)

  

 

Bagikan artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + 19 =

Back To Top
×Close search
Search