skip to Main Content
Seleksi Paskibra Tingkat Kabupaten Samosir Di Tanah Lapang Pangururan Sekda : Unsur Kebersamaan Sangat Diutamakan Untuk Kesuksesan.

Seleksi Paskibra Tingkat Kabupaten Samosir di Tanah Lapang Pangururan Sekda : Unsur kebersamaan sangat diutamakan untuk kesuksesan.

Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga menyelenggarakan seleksi Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kabupaten Samosir Tahun 2018 sekaligus sebagai seleksi calon Paskibraka untuk diusulkan ke tingkat Propinsi Sumatera Utara, yang bertempat di Tanah Lapang Pangururan, Kecamatan Pangururan, Senin, 02 April 2018.

Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir, Drs. Jabiat Sagala, M. Hum yang didampingi oleh Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, Drs. Gonggom Naibaho, Perwira Penghubung (Pabung) Kabupaten Samosir, Mayor G. Aritonang, memimpin langsung penyelenggaran seleksi Paskibra tingkat Kabupaten Samosir menyampaikan bahwa dalam sisi etnis budaya dan bangsa batak, ada kebiasaan yang sangat mendasar dalam kehidupan orang batak yaitu tingginya nilai sebuah kerjasama dalam melaksanakan suatu kegiatan kebudayaan dan adat istiadat orang batak. Namun belakangan ini, nilai kerjasama itu sudah mulai sulit diwujudkan pada kehidupan sekarang ini.

Sekaitan dengan itu dalam pelaksanaan seleksi Paskibra ini, unsur kerjasama tim menjadi kekuatan dalam melaksanakan tugas sebagai pasukan pengibar bendera. Tanpa kerjasama yang baik maka semua kekuatan individu tidak akan ada artinya. Kalian adalah pemuda yang menjadi harapan bangsa untuk dapat mewujudkan sebuah nilai kerjasama dan keuletan dalam melestarikan budaya dan mengharumkan nama Kabupaten Samosir di masa yang akan datang.

Kepada para instruktur juga, saya berharap agar unsur kerjasama ini menjadi sebuah perhatian , sehingga niat dan keuletan para pemuda khususnya para pelajar dapat diwujudkan untuk meraih yang terbaik dalam seleksi ini, sehingga muncullah nanti pemuda-pemuda yang baik, pintar dan cerdas. Mantan Presiden Sukarno pernah berkata “Berikan saya 10 (sepuluh) pemuda terbaik dan cerdas, maka dunia ini akan diguncang oleh Indonesia”.

Diakhir sambutannya, Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Paskibra Tahun 2017 yang telah berhasil dan sukses melaksanakan tugasnya sebagai Pasukan Pengibar Bendera pada Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Tingkat Kabupaten Samosir Tahun 2017 dan itu sangat luar biasa, maka tahun ini harus semakin luar biasa.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, Drs. Gonggom Naibaho, menyampaikan bahwa seleksi ini berlangsung dua hari yaitu tanggal 02 s.d 03 April 2018. Untuk seleksi tahun ini pesertanya berjumlah 120 orang dari 19 sekolah SMA/SMK Negeri dan Swasta yang ada di Kabupaten Samosir. Gelombang pertama untuk hari senin 02 April 2018 sebanyak 60 orang dari 9 sekolah SMA/SMK dan selanjutnya gelombang kedua hari selasa tanggal 03 April 2018 sebanyak 60 orang dari 10 sekolah SMA/SMK Negeri dan Swasta di Kabupaten Samosir.

Dari 120 orang peserta seleksi, panitia akan meluluskan peserta sebanyak 53 orang. Rangking pertama sampai dengan rangking keempat dalam seleksi ini menjadi perwakilan Kabupaten Samosir pada seleksi paskibra tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2018 di Medan. Sedangkan 49 orang lagi menjadi anggota paskibra untuk perayaan HUT RI Tingkat Kabupaten Samosir Tahun 2018. Apabila sudah lulus dalam seleksi ini maka pantang untuk mundur, jika saudara mundur maka sekolah anda tidak bisa lagi mengikuti seleksi ini tahun depan, tegas Gonggom.

Untuk persyaratan seleksi ini diantaranya adalah Tes Kesehatan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Buhit Kecamatan Pangururan, Tinggi Badan untuk pada tingkat Kabupaten Samosir wanita minimal 160 cm dan laki-laki 165 cm sedangkat untuk ke provinsi tinggi badan wanita minimal 165 cm dan laki-laki 170 cm. Untuk tes fisik dan Kesamaptaan dilakukan oleh anggota TNI Rayon Militer yang ada di Kabupaten Samosir.(stmr)

             

  

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
×Close search
Search