skip to Main Content
Musrenbang RKPD Kabupaten Samosir 2019 Di Gelar Dua Hari. ** Bupati : Peningkatan PAD Tahun 2017 Menjadi 72,2 Milyar Rupiah Tahun Sebelumnya 39,2 Milyar Rupiah.

Musrenbang RKPD Kabupaten Samosir 2019 di Gelar Dua hari. ** Bupati : Peningkatan PAD tahun 2017 menjadi 72,2 Milyar Rupiah tahun sebelumnya 39,2 Milyar Rupiah.

Musrenbang RKPD Kabupaten Samosir 2019 dilaksanakan selama dua hari mulai tangal 26-27 Maret 2018 bertempat di Hotel JTS Parbaba Kecamatan Pangururan, dan dibuka secara resmi oleh Bupati Samosir Rapidin Simbolon.

Hadir pada acara ini Perwakilan dari Gubernur Sumatera Utara Kabid Pengendalian dan Evaluasi Bappeda Propinsi Sumatera Utara Marihot Sormin, wakil Bupati Samosir Juang Sinaga, Deputi pengembangan Destinasi Pariwisata kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Kepala Balai besar pelaksanan jalan nasional Medan Kementerian PUPR Republik Indonesia, Direktur Badan Otorita Pengelolaan kawasan pariwisata danau toba. Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Samosir, Forum Koordinasi Pimpinan daerah Kabupaten Samosir, Bupati Sekawasan Danau Toba atau yang mewakili, Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir, Pimpinan OPD dan camat Se-kabupaten Samosir, Staf ahli Bupati Samosir, para asisten, staf Khusus Bupati Samosir dan Kepala Bagian Setdakab Samosir ,Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Samosir, Pimpinan BUMN/BUMD, Instansi Vertikal, Ketua dan Wakil Ketua TP. PKK Kabupaten Samosir, Ketua DWP Kabupaten Samosir, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Ormas dan LSM.

Tema pada Musrenbang ini yakni “Melanjutkan Pembangunan Infrastruktur dan Meningkatkan Nilai Tambah Sektor Pertanian dan Kepariwisataan Untuk mendorong pertumbuhan Ekonomi”.

Dalam Laporannya Kepala Bappeda Kabupaten Samosir menyampaikan tujuan pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Samosir yakni menyelaraskan program dan kegiatan prioritas Kabupaten Samosir yang sudah disusun berdasarkan RPJMD tahun 2016-2021 dan rancangan awal RKP Nasional dengan usulan program kegiatan hasil musrenbang Kecamatan, mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan prioritas sesuai RPJMD Kabupaten samosir tahun 2016-2021 dan menyepakati prioritas pembangunan daerah serta rencana kerja pembangunan daerah tahun 2019 dan pendanaannya.

Bupati Samosir dalam sambutannya menyampaikan berbagai perubahan dan keberhasilan dari tahun ke tahun di Kabupaten Samosir antara lain peningkatan Penghasilan Asli Daerah (PAD) dimana realisasi PAD tahun 2017 sebesar 72,2 Milyar Rupiah meningkat sebesar 32,9 Milyar Rupiah lebih dari realisasi PAD tahun 2016 sebesar 39,2 Milyar Rupiah.

Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dimana IPM Kabupaten Samosir meningkat sebanyak 0.39 Poin dari tahun 2015 sebesar 68,43 menjadi 68,82 poim pada tahun 2016, Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Samosir melambat sebesar 0.5 % dari tahun 2016 sebesar 5,77 % menjadi 5,27 % pada tahun 2017 Pelambatan ini terjadi akibat gagal panen karena kemarau yang berkepanjangan di Kabupaten samosir Tahun 2016. Peningkatan Kunjungan Wisata sebanyan 87,331 orang yang sebelumnya 190.728 orang tahun 2016 menjadi 278.059 orang tahun 2017 dan telah terlaksananya penataan dan kebersihan pada Ibukota Kabupaten, Ibukota Kecamatan dan lokasi objek wisata tahun 2017 dan akan trus dilanjutkan sampai tuntas.

Pada kesempatan ini Bupati samosir juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak khususnya Pemerintah pusat dan pemerintah Provinsi yang telah mengalokasikan berbagai program pembangunan di Kabupaten Samosir.Sejalan dengan berbagai kebijakan pemerintah pusat untuk mengembangkan kawasan Danau Toba, Bupati Samosir mengharapkan dukungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dalam rangka peningkatan pembangunan infrastruktur pendukung pariwisata di Kabupaten Samosir.

Pada hari pertama tanggal 26 Maret 218 kegiatan yang dilaksanakan terdiri dari pembukaan dan paparan dari narasumber instansi pemerintahan serta diskusi umum dan dilanjutkan pada hari kedua tanggal 27 Maret 2018 yakni pelaksanaan diskusi kelompok forum lintas bidang yang dilanjutkan dengan pemaparan lintas bidang serta penandatanganan berita acara kesepakatan prioritas pembangunan tahun 2019.

                

Pada akhir acara Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir memberikan pengarahan/ stressing, dengan adanya musrenbang ini sudah didapati kesepakatan bersama program 2019 yang akan datang dan mari kita perbaiki titik lemah kita untuk perbaikan dimasa yang akan datang. Lebih lanjut disampaikan kepada para pimpinan OPD mari untuk komit, konsisten, dan kawal program kegiatan 2019 ini. Moga apa yang sudah disepakati dapat membuahkan hasil kata ujar Sekretaris Daerah sekaligus menutup Musrenbang RKPD Kabupaten Samosir.(Dsmr)

Bagikan artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 − 6 =

Back To Top
×Close search
Search