skip to Main Content
Bupati Samosir Hadiri Kegiatan Fasilitasi Penyusunan APBDesa Kabupaten Samosir Tahun 2018 Gelombang Ke III Kecamatan Palipi Dan Sitiotio. ** Bupati : Diminta Kepala Desa Kreatif Dalam Menyusun Anggran Desa Demi Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat

Bupati Samosir hadiri Kegiatan Fasilitasi Penyusunan APBDesa Kabupaten Samosir Tahun 2018 Gelombang Ke III Kecamatan Palipi dan Sitiotio. ** Bupati : Diminta Kepala Desa Kreatif dalam menyusun Anggran Desa demi meningkatkan kesejahteraan rakyat

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Anak, Masyarakat dan Desa (DPPAMD) Kabupaten Samosir melakukan kegiatan Fasilitasi Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Gelombang Ke III Tahun 2018 untuk Kecamatan Palipi dan Kecamatan Sitiotio di Aula HKBP Mogang Kecamatan Palipi, Kamis 22 Maret 2018.

Kegiatan fasilitasi Penyusunan APBDes ini diikuti oleh seluruh Kep  ala Desa dengan Perangkat Desa serta Kepala BPD masing-masing Desa. Kecamatan Palipi dengan jumlah 17 Desa serta Kecamatan Sitiotio dengan 8 Desa hadir dengan didampingi oleh Camat masing-masing.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan,Anak, Masyarakat dan Desa, Rawaty Simbolon mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan agar para Kepala Desa dapat membuat dan menyusun APBDesa masing-masing sesuai dengan kebutuhan skala prioritas, juga agar tidak terjadi penyimpangan yang melanggar ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. SPJ seluruh kegiatan APBDesa harus lengkap.

Tidak ada yang susah, aturannya sudah jelas, tinggal mengasah SDM Perangkat Desa dalam melaksanakan kegiatan APBDesa dan pertanggungjawabannya ucap Rawati mengakhiri.
Sesi acara diisi dengan paparan dari beberapa Nara Sumber seperti Inspektorat Kabupaten, Dinas Pendapatan Daerah, Dinas Kominfo, Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah , Dinas Komunikasi Informatika , Bank Sumut, BPJS.

Setiap Narasumber memaparkan topik sesuai dengan Bidangnya dan berhubungan dengan Dana Desa seeprti Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Samosir melalui Kepala Bidang Komunikasi dan Informatika, Ricky Rumapea yang menjadi narasumber memberikan pencerahan kepada para Kepala Desa agar para Kepala Desa membuat terobosan baru dalam era teknologi informatika sekarang ini. Ada baiknya pada APBDesa ditampung anggaran Internet Masuk Desa. Sudah banyak desa di seluruh Indonesia yang sudah memiliki fasilitas internet dan itu sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk dimiliki setiap desa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan Desa.

Seperti kita ketahui bahwa sekarang perencanaan pembangunan sudah harus masuk melalui E-Planning dan penggarannya sudah harus melalui E-Budgeting dan itu harus melalui internet. Maka jika desa sudah memiliki jaringan internet, para Kepala Desa tidak perlu lagi repot harus ke kota untuk menyampaikan laporan dan keperluan Desa dan masyarakat untuk mendapatkan jaringan internetcukup di Desa nya saja.

Amon Sormin, Sekretaris Inspektorat Kabupaten yang menjadi salah satu narasumber mengatakan dalam menyusun APBDesa, para Kepala BPD harus pro aktif melakukan koordinasi dengan Kepala Desa sehingga penyusunan dan pelaksanaan APBDesa tidak menyimpang dari aturan yang berakibat pada masalah hukum. BPD harus menjalankan fungsinya mengawasi pelaksanaan APBDesa.

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon,MM menegaskan bahwa Kepala Desa harus menjalankan APBDesa dengan baik, bayarlah pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku, manfaatkan bahan material yang ada di Desa masing-masing dalam melaksanakan kegiatan pembangunan.

Beliau juga memberikan penegasan mengenai keberadaan Smart Village/Smart Kampung/Desa Pintar di Kabupaten Banyuwangi yang sangat terkenal sebaga Desa berbasis teknologi dengan jaringan internet, untuk itu Bapak-bapak Kepala Desa harus melakukan dan mencontoh seperti itu,dengan membangun fasilitas internet di Desa masing-masing, agar Desa dan masyarakat kita semakin maju dan sejahtera.

Jangan ada perselisihan antara Kepala Desa dengan Kepala BPD maupun anggotanya, keduanya harus bekerjasama dan berkoordinasi dalam menjalankan tugas dan fungsi masing-masing secara bersama-sama sehingga pelaksanaan APBDesa dapat berjalan dengan baik. Kreatif lah kepala desa dalam menyusun Anggaran desa demi peningkatan kesejahteraan
Dalam sesi penutupan kegiatan sosialisasi ini Bupati Samosir juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada para Kepala Desa yang sudah hadir dalam acara ini dan tetap setia mengikuti acaranya.(rr/stmr)

Bagikan artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 − 2 =

Back To Top
×Close search
Search