skip to Main Content
Sosialisasi Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) Tingkat Kabupaten Samosir

Sosialisasi Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) Tingkat Kabupaten Samosir

Sosialisasi Program Indonesia Sehat dengan pendekatan Keluarga (PIS-PK) tingkat Kabupaten Samosir dilaksanakan di Aula Hotel Dainang (13/03). Sosialisasi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir Jabiat Sagala. Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Kesehatan dr. Nimpan Karo-karo, Narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara Jandes Saragih , M. Kes dan Ali.

Dalam laporannya Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Hotnida Manalu menyampaikan tujuan umum dilaksanakannya Sosialisasi Program Indonesia Sehat dengan pendekatan Keluarga (PIS-PK) yaitu terlaksananya PIS-PK di Kabupaten Samosir, dan tujuan khususnya yaitu adanya komitmen bersama dari smua lintas sektor dalam pelaksanaan PIS PK di kabupaten samosir dan adanya dukungan penuh terhadap pelaksanaan PIS PK.

 

Kepala Dinas kesehatan dr. Nimpan Karokaro turut menyampaikan Dinas Kesehatan melalui Puskesmas melakukan pendekatan keluarga di wilayah kerjanya melalui kunjungan rumah di setiap rumah tangga dan melakukan pendataan dan pemeriksaan ke setiap anggota keluarga dan hasil pendataan di entri ke dalam aplikasi keluarga sehat dan hasil analisa dari data tersebut akan di evaluasi sebagai gambaran kondisi kesehatan keluarga di wilayah Desa/Keluarahan, Kecamatan dan Kabupaten Samosir.

Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir dalam sambutannya menyampaikan Progran Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga (PIS-PK) merupakan salah satu program nasional yang menekankan pada integrasi pendekatan akses pelayanan kesehatan, ketersediaan tenaga kesehatan pembiayaan serta sarana prasarana termasuk program upaya kesehatan masyarakat dan perseorangan yang mencakup seluruh keluarga dalam wilayah Puskesmas. Program Indonesia Sehat dilaksanakan dengan menegakkan tiga pilar utama yaitu Penerapan paradigma sehat, penguatan pelayanan kesehatan dan pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Lebih lanjut disampaikan sosialisasi ini seharusnya bukan hanya ceremonial saja yang hanya memberikan output namun juga harus memberikan outcome yang manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat yaitu peningkatan kesehatan keluarga di Kabupaten Samosir.

Narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara Ali memberikan pemaparan Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK), dan Jandes Saragih , M. Kes yang juga merupakan narasumber dari Dinas Kesehatan Propinsi Sumut menyampaikan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) lebih mengarah kepada pembinaan bukan pendataan yang dilakukan tanpa ada kurun waktunya. Lebih lanjut disampaikan kegunaan aplikasi PIS PK supaya jadi monitor real time yang jika ada perubahan kearah yang lebih baik maka indikator akan menjadi baik. Dan harus dilaksanakan pembinaan continue of care yang bertujuan untuk meningkatkan keluarga yang dibina secara kuantitas dan kualitas.

Pada akhir acara dilaksanakan pembahasan secara tehnis kepada Pegawai puskesmas yang merupakan tenaga kesehatan yang menjadi pelaksana dalam Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK).

 

Bagikan artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − 19 =

Back To Top
×Close search
Search