skip to Main Content
Rektor Universitas Parahiyangan Kunjungan Kerja Ke Geo Park Sigulati Samosir

Rektor Universitas Parahiyangan Kunjungan Kerja ke Geo Park Sigulati Samosir

** Menindaklanjuti MOU Parahiyangan dan Pemkab. Samosir

Rektor Universitas Parahiyangan Bandung Mangadar Situmorang berkunjung ke Geopark Sigulati Kecamatan Samosir Kabupaten Samosir Rabu, 14 Maret 2018 yang bertempat di Gedung Geopark Samosir. Turut mendampingi Rektor Karyadi Kusliamsyah Kepala Cared LPPM UNPAR beserta 3(tiga) orang staf CAREDS Pele Widjaja, Maria Veronica dan Jonatan Hanyoas.

Kehadiran Rektor Universitas Parahiyangan ini adalah tindak lanjut dari MOU Kabupaten Samosir dengan UNPAR dan melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi. Salah satu yang dilakukan adalah berbagi Ilmu untuk membantu meloloskan Geopark Kaldera Toba (GKT) menjadi Unesco Global Geopark (UGG) dan juga menjadi kan Geopark Sigulati menjadi taman bumi yang untuk Pariwisata.

Universitas Parahiyangan sebagai universitas Katolik tertua di Indonesia dan masuk jajaran Universitas terbaik di Asia merasa perlu melakukan pengabdian kepasa masyarakat. CAREDS (Canter of Adaptasion & Resilienci Enviromental Design Studies ) Parahiyangan adalah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Parahiyangan yang sudah saya tugaskan untuk melakukan penelitian mengenai pengembangan Geopark Sigulati.

CAREDs Parahiyangan melakukan penelitian mengenai Geopark Kaldera Toba dengan menitik beratkan pada Website, Museum dan Brand identity. Bagaimana ketiga hal ini dibuat dan dimaksimalkan dalam mencpai tujuan pembentukan Geopar Kaldera Toba.

Wakil Bupati dalam sambutannya menyampaikan terimakasih banyak ataa perhatian Universitas Parahiyangan yang sangat perduli kepada keberadaan GKT di Samosir sampai Pak Rektor datang langsung. Kabupaten Samosir terus berusaha memperbaiki fasilitas dan keperluan Geopark untuk bisa masuk Unesco Global Geopark. Semoga para Peneliti di Univeraitas Parahiyangan memberikan masukan untuk perbaikan Geopark khususnya di Sigulati.

Kepada para Pimpinan OPD Kabupaten Samosir maupun yang mewakilinya untuk serius dan tekun mengikuti paparan dan berdiskusi dengan para peneliti. Tanyakan kalau kurang jelas semangat berinteraksi dengan para peneliti Parahiyangan. Sehingga nantinya bisa kiterapkan dilapangan. Sebelum paparan dari CARICs UNPAR Manager Geopark Kaldera Toba Sigulati Wilmar Simanjorang menjelaskan secara singkat mengenai GKT berdirinya Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba di Sigulati. Kita merancang pembuatan Rumah Pohon dilokasi Sigulati terangnya.

Karyadi Kusliamsyah Kepala Cared LPPM UNPAR memaparkan sesuai dengan penelitian yang dilakukan terhadap beberapa geopark yang sudah berhasil menjadi anggota UGG mereka memperhatikan Tiga hal yaitu Website, Museum dna Brand Identity. Dengan memperbaiki ke tiga konsep ini yanh belum ditemukan di GKT Sigulati. Website harus berisi data mengenai Geosite , petunjuk ke Geosite yanh berisi gambar dan video.

Diskusi berlangsung dengan baik, memberikan masukan-masukan dalam peningkatan kualitas Geopark Kaldera Toba. Walaupaun misalnya GKT tidak masuk UGG maka jangan dihentikan perawatan di Sigulati karena sekarang sudah Lokasi ini sudah rame dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

 

Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga dan Rektor Univ Parahiyangan Mangadar Situmorang saling bertukar Cenderamata. Rektor diulosi oleh Wakil Bupati didampingi oleh Sekda Jabiat Sagala dan Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga Kabupaten Samosir Gomgom Naibaho.(rr).

 

Bagikan artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × four =

Back To Top
×Close search
Search