skip to Main Content
Kepala LIPI Republik Indonesia Bambang Subiyanto Kunjungan Kerja Ke Kabupaten Samosir

Kepala LIPI Republik Indonesia Bambang Subiyanto Kunjungan Kerja ke Kabupaten Samosir

Bupati Samosir : BBI akan dijadikan menjadi satu Paket Wisata dan Pusat penelitian Perikanan untuk SUMUT

Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Prof.Dr. Bambang Subiyanto, M.Agr. kunjungan kerja selama 2(dua) hari di Kabupaten Samosir dari tanggal 12-13 Maret 2018. Kepala LIPI datang bersama Kepala Pusat LIPI Prof.Dr.Nurul Taufiqurahman, M.Eng. Kapus LIMNOLOGI LIPI Dr. Fauzan Ali, M.Sc dan juga Rudi Arifianto,MM. Kasubbid Difusi Teknologi BAPPENAS.
Hari pertama, rombongan mendarat melalui Bandara Silangit selanjutnya menuju Samosir. Rombongan disambut di Menara Pandang Tele oleh Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon,MM. beserta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Samosir. Sambil menikmati indahnya suasana areal Menara pandang Tele, rombongan beristirahat sambil menikmati makanan ringan khas Samosir.

Rombongan LIPI dan BAPPENAS bersama Bupati melakukan kunjungan ke Balai Benih Ikan (BBI) di Kecamatan Harian Boho yang merupakan Teknopark Kabupaten Samosir. Teknopark Samosir ini berdiri dikarenakan BBI yang dibangun pemerintah belum memberikan hasil yang memuaskan. Tujuan dari kegiatan pembangunan Teknopark ini adalah mengembangkan sinergisme antara pemerintah daerah, lembaga penelitian dan swasta untuk meningkatkan ekonomi lokal yang berbasis pada potensi sumber daya perikanan yang berwawasan lingkungan serta mendukung perkembangan pariwisata.

Hal itu diwujudkan dengan memanfaatkan Iptek dan Inovasi untuk melahirkan Sember Daya Manusia (SDM) yang kompeten, start up company dan mitra usaha baru dalam pemanfaatan sumber daya alam lokal. Inovasi dan Iptek yang dikembangkan dilakukan secara menyeluruh mulai dari hilir (produksi benih ikan) sampai dengan hulu (pengolahan pasca panen). Kegiatan Pembangunan Technopark (TP) Samosir merupakan salah satu Kebijakan program Kabinet Kerja Th 2015 – 2019, melalui Nawacita, yaitu pembangunan sejumlah Science dan Technology Park (STP), Technology Park (TP), dan Science Park (SP) di beberapa lokasi di Indonesia, yang tertuang dalam dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 dalam Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015 (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 3).

Technopark Samosir merupakan Tekchnopark yang dibangun/dikembangkan oleh Pemerintah daerah Kabupaten Samosir bekerja sama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada tahun 2015. Dengan adanya kerjasama LIPI dengan Kabupaten Samosir dalam pengembangan Tecno Park Balai Benih Ikan , produksi bibit ikan meningkat tajam :
Total Produksi 2017 : 1.131.404 ekor Peruntukan: Penjualan : 452.637 ekor Restocking : 270.105 ekor Bantuan : 220.095 ekor.

 

Bupati Samosir Rapidin Simbolon beserta Kepala LIPI melihat langsung kondisi Tekno Park Samosir, memastikan berjalan dengan baik khususnya penerapan Teknologi dari LIPI. Menurut Kepala Balai Benih Ikan Kabupaten Samosir Firman Harahap dengan adanya kerjasama dengan LIPI ini memberikan perubahan yang signifikan dalam memproduksi bibit ikan bahkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Tekno Park Samosir /BBI meningkat 100%.

Kepala BBI dalam pengelolaan TeknoPark ini secara berkala didampingi oleh staf dari LIPI, untuk saat ini staf dari LIPI yang mendampingi adalah Bapak Bambang Teguh. Dijelaskan oleh Firman teknologi yang digunakan dalam peningkatan produksi bibit antara lain: Memijahkan ikan mas dengan teknologi permanen Panas / energi melalui DOM, Teknologi pemeliharaan ikan lele melalui “BIO FLOK”, peningkatan produksi ikan Mas, Nila dan Lele dengan rekayasa Fluktuasi Suhu, pemijahan Ikan Mas dan Lele dengan stimulasi Hormon. Tekno Park Samosir juga sudah melakukan pembinaan dan peredaran ikan Mas di Desa Huta Gurgur Kecamatan Sianjurmulamula.

Kepala LIPI menyampaikan agar teknologi-teknologi terbaru temuan LIPI untuk diterapkan di BBI/Tekno Park Samosir. Saya sudah menyampaikan kepada para peneliti LIPI agar hasil penelitiannya berguna untuk masyarakat tidak berhenti dilaci meja baru kita biayai penelitiannya. Bupati Samosir Rapidin Simbolon berharap agar LIPI tetap memperhatikan BBI/Tekno Park Samosir khususnya perkembang biakan Ihan Batak (Ikan batak) yang hampir punah. Tecno Park ini akan kita buat menjadi Paket Wisata baik untuk memancing, memberi makan ikan sambil menikmati pemandangan Danau toba.

Sebelum meninggalkan Tekno Park Samosir Bupati, Kepala LIPI, BAPPENAS dan para KAPUS LIPI melakukan penanaman pohon Alpukat di kawasan Tekno Park Samosir /BBI. Rombongan bergerak menuju salah satu mitra Tekno Park Samosir di Desa Hutagurgur Kecamatan Sianjurmula-mula milik Lundak Sagala. Bibit yang dikembangkan di kolam ikan tersebut berasal dari Tekno Park Samosir (BBI) yang dan tetap dilakukan pendampingan oleh staf LIPI.

Pada kesempatan tersebut Buapti dan Kepala LIPI memberikan bantuan bibit ikan Mas kepada pemilik kolam ikan Lundak Sagala dikarenakan sebagian kolam ikannya terkena bencana alam yang mengakibatkan lepasnya ikan. Sebagai ungakapan terimakasih Lundak Sagala menyerahkan Ikan hasil produksi kolamnya yang langsung dipilih dan ditangkap Bupati.

Bertempat di rumah dinas Bupati Tim LIPI dan BAPPENAS di jamu makan malam oleh Bupati Samosir. Tim disambut dan dihibur tari-tarian oleh sanggar seni ANJEL binaan Dinas BUDPORA Samosir. Diakhir acara Bupati dan Kepala LIPI bertukar cenderamata. Bupati menyerahkan ULOS kepada Kepala LIPI dan para Kapus serta BAPPENAS sebagai ucapan syukur atas perhatian LIPI kepada Kabupaten Samosir. Mudah-mudahan kedepan semakin banyak bantuan dan kerjasama LIPI dengan Kabupaten Samosir ujar Bupati.

Hari Kedua : LIPI, BAPPENAS dan Pemkab. Samosir melakukan Diskusi Kagiatan

Bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati Samosir (13/3) dilakukan diskusi antara LIPI, BAPPENAS dan Pemkab.Samosir yang dibuka oleh Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga. Diskusi diawali dengan laporan dari Direktur Tekno Park Samosir Saul Situmorang (Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakb Samosir) mengenai perkembangan Tekno Park Samosir. Saul menjelaskan bahwa dengan adanya kerjasama antara LIPI dan Kabupaten Samosir produksi bibit ikan di BBI berproduksi dengan pesat. PAD untuk tahun 2017 dari BBI Rp. 105.546.475 dan produksi 1.131.404 ekor.

Rudi Arifianto,MM Kasubbid Difusi Teknologi BAPPENAS dalam paparannya dengan topik Pembentukan perusahaan Pemula berbasis Teknologi, menjelaskan Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) atau Startup adalah perusahaan/ bisnis yang masih berusia muda atau sedang dalam tahap permulaan operasi nya. Belakangan, kata startup sering digunakan untuk perusahaan yang baru berdiri berbasis teknologi dan internet. Orang muda sering menggunakan internet sebagai platform usaha yang mereka dirikan.

Diskusi yang dikuti oleh semua Pimpinan OPD Kabupaten Samosir dengan TIM LIPPI dan BAPPENAS menghasilkan beberapa rumusan seperti : Pihak LIPI melakukan kajian potensi penyediaan energi (PLTS dan pembangkit listrik tenaga mikrohidro, dll) di Samosir, adanya panduan, dukungan dan pendampingan LIPI untuk mendapatkan label halal produk di Kab. Samosir. Dalam pencapaian target produksi 5.000.000 ekor benih tahun 2021 diperlukan sinergis Pemkab. Samosir (dukungan SDM dan dana), dan tim LIPI (dukungan teknologi), BBI Samosir Menjadi Salah Satu Paket Wisata Event Pariwisata Samosir, menjadikan BBI Samosir tahun 2021 mandiri dari pembiayaan APBD Kab. Samosir karena tercapainya produksi benih ikan dan menjadi paket wisata Samosir.

Paparan martiks rencana kerja menjadi bahan usulan TP. Samosir untuk disampaikan kepada LIPI, melihat potensi yang dimiliki Kab. Samosir, akan muncul produk-produk lokal, misalnya produk kopi, yang dibantu oleh LIPI yang sudah banyak memiliki produk komersial, Penjajakan Model Pendanaan Untuk Menghasilkan Produk Lokal Samosir, misalnya Dukungan Jaringan Pasar Dari LIPI, Perusahaan Swasta, Perbankan.

Rumusan tersebut ditandatangani oleh Wakil Bupati Samosir, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Samosir dan Pimpinan OPD disampaikan kepada pihak LIPI sebagai bahan masukan untuk kerjasama berikutnya. Pada acara penutupan Wakil Bupati Juang Sinaga mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak LIPI yang sudah menerapkan teknologi terbaru dalam meningkatkan produksi bibit ikan.

Selanjutnya Tim LIPI dan BAPPENAS diantar ke pelabuhan Nainggolan untuk menyeberang ke Balige menggunakan Kapal Wisata Samosir. (rr).

 

Bagikan artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 2 =

Back To Top
×Close search
Search