skip to Main Content
Wakil Bupati Samosir Menyerahkan Bantuan Kepada Korban Bencana Alam Di Kecamatan Nainggolan

Wakil Bupati Samosir menyerahkan Bantuan kepada korban bencana alam di Kecamatan Nainggolan

Hujan deras yang terjadi di Desa Sipinggan Lumbansiantar sehingga sungai meluap telah merobohkan sebuah jembatan dan merusak beberapa bidang sawah petani. Untuk mengurangi beban petani yang mengalami bencana Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga menyerahkan bantuan kepada 8 Kepala Keluarga yang bertempat di Kantor Kepala Desa Sipinggan Lumbansiantar Jumat (09/03/2018)
Sesuai laporan kepala Desa Sipinggan Lumban Siantar Joslan Lumbansiantar ada delapan warga yang terkena dampak bencana yang merusak tanaman padi mereka dan robohnya jembatan penghubung desa Sipinggan Lumbansiantar. Pihak Pemerintah Kabupaten Samosir dan dari Balai Besar Sungai sudah melihat kondisi sungai oleh Tim Teknis untuk melihat penanganan apa yang dibutuhkan mengatasi bencana tersebut.
Camat Nainggolan Barissan Manullang dalam laporannya menyampaikan bahwa setelah kejadian bencana Bupati Samosir Rapidin Simbolon langsung meninjau lokasi dan menyuruh tim untuk turun kelapangan melihat kondisi kerusakan untuk dilakukan penanganan. Mudah-mudahan tidak terjadi lagi bencana serupa katanya menambahkan.
Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga menyampaikan turut prihatin atas kejadian ini semoga tidak terulang lagi, mari kita juga bersama-sama mencegah bencana ini tidak terulang dengan menjaga lingkungan jangan merambah pohon-pohon kalu bisa kita tanami lahan yang sudah gundul, itulah salah satu penyebab bencana ini tambahnya.
Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga menyampaikan Pemerintah Kabupaten Samosir sudah mengusulkan ke Pemerintah pusat mengenai bantuan penanganan sungai yang memang biayanya besar, mudah-mudahan bisa disetujui pusat sehingga semua sungai yang sering meluap di normalisasi dan dibuat dyk penahan. Kepada masyarakat yang mengalami kerusakan tanaman bisa nantinya mengusulkan bibit baik melalui kepala desa atau kelompok tani ke dinas pertanian seperti Jagung, Padi, bawang.
Wakil Bupati Juang Sinaga menyerahkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana alam berupa sembako seperti beras, minyak dan telor penyerahan itu didampingi oleh Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Samosir Gomgom Naibaho, Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial Setdakab Samosir Camat Nainggolan Barisan Manullangdan Kabid Sosial Dinas Sosial Jenni Purba.
Penerima bantuan antara lain Kapner lumbanbatu dimana tanaman jagungnya seluas 400 m2 mengalami rusak berat, Tumpak Lumbansiantartanaman bawang dan padinya rusak berat, Marto Lumbansiantar tanaman padinya rusak berat dan Ramlan Lumbansiantar tanaman padi seluas 1.600 M2 mengalami rusak berat.
Salah satu penerima bantuan Ramlan Lumbansiantar menyampaikan ucapan terimakasih atas perhatian Pemerintah Kabupaten Samosir yang tanggap dengan penderitaan masyarakat, dia mengharap Pemerintah secepatnya melakukan penanganan terhadap sungai dan memperbaiki jembatan yang rusak .
Setelah acara berakhir Wakil Bupati dan rombongan melakukan peninjauan ke Pelabuhan Sipinggan untuk melihat pantai di pelabuhan sipinggan yang direncanakan di bulan Juni 2018 akan diadakan pertandingan Voly Pantai. Juang Sinaga menyampaikan kepada Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Gomgom Naibaho mengkaji lokasi tersebut dan mempersiapkan tempat menginap para atlet kalo bisa membuat homestay dirumah penduduk sekitar.
Rombongan menuju Jalan ke Desa Huta Rihit yang mana dyk penahan sungai sebagian roboh dan sebagian badan jalan dikhawatirkan akan amblas karena tanah penahan tergerus sungai, Wakil Bupati menyampaikan agar Kepala Desa melalui Camat membuatkan surat ke Bupati Samosir agar Tim Teknis turun melihat kondisi tersebut sehingga akan dilakukan penanganan secepatnya (rr/Stmr)

Bagikan artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 − 1 =

Back To Top
×Close search
Search