skip to Main Content
Bupati Samosir Melakukan Kunjungan Gereja Sekaligus Melihat Bencana Alam Di Bonan Dolok Kecamatan Sianjurmulamula

Bupati Samosir melakukan kunjungan Gereja sekaligus melihat Bencana Alam di Bonan Dolok Kecamatan Sianjurmulamula

Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir Jabiat Sagala beserta rombongan melakukan kunjungan Gereja ke Gereja Katolik St. Silvester Bonan Dolok Kecamatan Sianjurmulamula, Minggu (11/3) ,sekaligus melihat bencana alam yang terjadi di Bonan dolok pada Rabu malam 7 Maret 2018.
Bupati beserta rombongan bergerak dari pantai depan rumah dinas Bupati menggunakan kapal menempuh perjalanan menuju Bonan Dolok lebih kurang satu jam. Rombongan sebelum mengikuti kebaktian melakukan peninjauan lokasi bencana banjir.

Sesuai dengan penjelasan Kepala Sekolah SMP Satu atap Negeri 2 Sianjurmulamula, Dayat Siboro menyampaikan bahwa banjir bandang tersebut terjadi di beberapa titik, salah satu titik adalah meluapnya sungai Dorte yang mengakibatkan jembatan roboh dan merusak lima rumah yang ada di bantaran sungai tersebut serta merusak lahan pertanian masyarakat.
Sedangkan titik yang lain terjadi dari sumber aliran sungai baru yang terbentuk sendiri diakibatkan hujan deras mengakibatkan satu unit Laboratorium IPA SMP satu atap Negeri 2 Sianjurmulamula hancur berantakan diterjang air dan material. Material yang berupa lumpur, batu dan kayu-kayu merusak dinding bangunan sekolah dan memenuhi ruangan sehingga laboratorium tersebut tidak bisa digunakan lagi.

Camat Sianjurmulamula Rudi Sitorus menyampaikan sudah mendata kerusakan dan melaporkannya kepada SKPD yang terkait. Kami akan tetap mengkoordinasikan dengan Kabupaten untuk tindakan-tindakan apa yang akan dilakukan untuk mengatasi akibat bencana dan pencegahan bencana terjadi kembali.
Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga menyampaikan agar masyarakat tabah dengan kejadian ini kita berdoa kepada Tuhan agar kejadian ini tidak terulang. Jabiat Sagala Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir menyampaikan bahwa besok hari setelah kejadian Tim dari Kabupaten sudah turun ke tempat kejadian dikarenakan Bupati dan Wakil Bupati lagi bertugas ke luar daerah dia langaung turun mewakili. Kita sudah meberikan bantuan pada saat kunjungan itu untuk meringankan beban masyarakat
Bupati Samosir Rapidin Simbolon menyampaikan kepada masyarakat turut prihatin atas bencana yang dialami semoga kejadian seperti ini tidak terulang lagi. Setelah melihat akibat bencana tadi maka Pemerintah perlu mengkaji hal-hal apa saja yang perlu dilakukan untuk proses perbaikan maupun pencegahan bemcana terjadi lagi. Sungguh sangat luar biasa Gereja ini bisa terhindar dari bencana melihat material yang terbawa banjir.
Kepada Kadis Pendidikan Ricardo Hutajulu, Bupati memerintahkan agar dilakukann kajian mengenai laboratoriun IPA yang hancur karena banjir tersebut, kalo bisa dipindahkan saja lokasi gedung laboratorium tersebut ke lokasi baru, dan segera dilaporkan untuk dianggarkan pembangunannya baik dari APBD maupun dari Pusat.
Nanti semua kerugian masyarakat akan didata dan akan diberikan bantuan Pemerintah tambah Bupati. Secara spontan Bupati dan Wakil Bupati memberikan sumbangan kepada masyarakat yang rumahnya terkena longsor yaitu Biner Sagala, Mangiring Sagala, Udin Purba , T Siboro dan P.Siboro.
Masyarakat mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas perhatian Bupati semoga semua kerusakan bisa diperbaiki segera. Tampak hadir dalam kunjungan tersebut ara Kepala OPD Kabupaten Samosir seeprti Asisten Ekonomi Pembangunan Saul Situmorang, Asisten III Marsinta Sitanggang, Kepala BAPPEDA Rudi Siahaan, Kepala Dinas PRAKP Marang Situmorang,(rr)

Bagikan artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight − one =

Back To Top
×Close search
Search