skip to Main Content
Anggota DPR RI Komisi V Kunjungan Kerja Dan Mengunjungi Korban Bencana Alam Di Samosir

Anggota DPR RI Komisi V kunjungan kerja dan mengunjungi korban bencana alam di Samosir

Sahat Sialaban,SE anggota DPR RI Komisi V yang membidangi Perhubungan, Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, Pembangunan Pedesaan dan Kawasan Tertinggal, Meteorologi, Klimatologi & Geofisika melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Samosir sekaligus melihat korban bencan alam pada hari sabtu, 10 Maret 2018.
Kunjungan kerja Anggota DPR RI komisi V dimulai dengan rapat dengan Organisasi Perangkat Daerah Pemkab.Samosir yang dilaksanakan di Hotel Dainang Kecamatan Pangururan. Rapat tersebut dilakukan untuk mengevaluasi proyek pembangunan di Kabupaten Samosir dan apa aspirasi yang perlu disampaikan kepada Pemerintah pusat. Tampak juga mendampingi Rombongan Sahat Silaban Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) II Sumatera Roy Pardede.

Rapat tersebut di moderator i oleh Asisten Ekonomi Pembangunan Setdakab Samosir Saul Situmorang, diawal rapat pihak Pemerintah Kabupaten Samosir menjelaskan situasi bencana alam yang terjadi di beberapa lokasi di Kabupaten Samosir. Lokasi bencana yang paling parah terjadi di Bonan Dolok Kecamatan Sianjurmulamula yang tertutup lumpur dan batu sekitar 15 Ha, kemudian di Kecamatan Nainggolan, Kecamatan Onanrunggu dan Kecamatan Harian.
Kepala Dinas PUPR Kabupaten Samosir Pantas Samosir menjelaskan banyaknya bencana alam di Kabupaten Samosir ini dikarenakan intensitas hujan yang tinggi dan banyaknya sungai yang belum ternormalisasi. Dikarenkan tingginya biaya yang dibutuhkan untuk Normalisasi ini Kabupaten Samosir mengharapkan bantuan dari Pemerintah Pusat melalui Bapak Sahat Silaban.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Samosir Erkanus Simbolon menceritakan menggeliatnya Pertanian di Kabupaten Samosir dengan meningkatnya hasil komoditas pertanian seperti bawang, jagung dan padi. Kami membutuhkan penambahan alat-alat pertanian untuk membantu pembukaan lahan baru.

Kepala BWSSumatera II Roy Pardede menyampaikan kepada Sahat Silaban bahwa BWS Sumatera II sudah turun kelapangan melihat Sungai yang mengalami luapan khususnya yang di Kecamatan Nainggolan karena memang laporan yang kami dapat masih dari situ sedangkan di Kecamatan Sianjurmulamula belum ada laporan. Kami sudah melaporkan kondisi tersebut ke Kementerian PUPR untuk diambil langkah selanjutnya.

Sahat Silaban menyampaikan kepada Pihak Pemerintah Kabupaten Samosir agar mengambil tindakan awal sambil proses perbaikan. Sedangkan untuk usulan-usulan yang disampaikan akan saya usulkan ke Pemerintah Pusat. Satu hal yang saya sampaikan mari kita jangan pintar membangun aja tetapi memelihara tidak bisa. Perlu juga dibuatkan dulu pertemuan Kabupaten-kabupaten disekitar danau toba kalau perlu diaktifkan kembali LTRM (Lake Toba Regional Management).

Rombongan selanjutnya menuju Kecamatan Nainggolan untuk menyerahkan bantuan kepada masyarakat korban bencana . Acara dimulai dengan Kebaktian yang dipimpin oleh Pareses Distrik XXI Banten Pdt. Robert Pandiangan. Sahat Silaban menyampikan prihatin dengan kondisi bencana alam di Kabupaten Samosir makanya saya datang kunjungan spesifik bencana, semoga bantuan yang diserahkan bisa bermanfaat dan mengurangi beban masyarakat.

Kami akan memerintahkan pihak-pihak yang berkaitan dengan bencana alam untuk segera melakukan perbaikan khususnya untuk Normalisasi Sungai. Semoga kejadian ini tidak terulang lagi mari kita jaga lingkungan.

Bantuan yang diserahkan berupa bahan makanan pokok seperti beras, minyak, telor dan mi instan. Bantuan yang diserahkan untuk korban bencana ke 48 Kepala Keluarga. Penyerahan disampaikan oleh Anggota DPR RI Sahat Silaban didampingi oleh Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga Sekretaris Daerah Jabiat Sagala Asisten Ekbang Saul Situmorang, Kadis PUPR Pantas Samosir, Kadis PRKPP Marang Situmorang, Kadis Pertanian Erkanus Simbolon, Kepala BPBD Mahler Tamba, Plt Kadis Sosial Hotma Sagala, Sekdis Kominfo Rohani Bakara dan Camat Nainggolan Barisan Manullang.

Penerima bantuan berasal dari Desa Janji Marapot, Desa Sibonor Opuratus, Desa Nainggolan, Desa Sipinggan Lumbamsiantar dan Kelurahan Parhusip III di Kecamatan Nainggolan. MRT. Sinaga yang mewakili korban bencana menyampaikan terimakasih atas perhatian yang begitu besar dari Pemerintah yang memberikan bantuan meringankan beban masyarakat. Semoga bencana seperti ini tidak terjadi lagi.

Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga mengucapkan terimakasih kepada Bapak Sahat Silaban Anggota DPR RI komisi V beserta rombongan yang meluangkan waktu sibuknya meluangkan waktu datang membantu korban bencana alam. Tindakan yang kami lakukan adalah penangan singkat untuk bisa dilalui juga. Kami juga mendata bencana alam dan sudah menyampaikan data ke Pusat. Mohon Pak Silaban untuk membantu dan memberi dukungan agar dana Pemerintah Pusat bisa diturunkan memperbaiki bencana dan mencegah bencana. Dana Kabupaten Samosir sangat terbatas. (rr/stmr)

Bagikan artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 8 =

Back To Top
×Close search
Search