skip to Main Content
PANEN BAWANG MERAH DI DUSUN II DESA SIPARMAHAN KEC. HARIAN MEMUASKAN

PANEN BAWANG MERAH DI DUSUN II DESA SIPARMAHAN KEC. HARIAN MEMUASKAN

** Bupati : Siapa yang mau bekerja baik akan kita bantu.
Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon didampingi Plt. Assisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab. Samosir Saul Situmorang, SE. M.Si., Kepala Dinas Pertanian,  Erkanus Simbolon, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Walson Sagala, Kepala Badan Pusat Statistik Ir. Rudy Harlon Harianja, Kepala Bagian Humas Setdakab. Samosir, Siswanto Sinambela, Camat Harian Roberthon Manik, Kepala Desa Siparmahan, Sekretaris Kelompok Tani Rap Hita Desa Siparmahan, Bpk. Joujur Simbolon beserta anggota kelompok tani dan para penyuluh pertanian dari Dinas Pertanian, melakukan panen raya Bawang Merah di Dusun II Desa Siparmahan Kecamatan Harian pada hari ini, jumat 02 Maret 2018.

    
Sekretaris Kelompok Tani Rap Hita memaparkan bahwa, bibit bawang merah yang akan di panen ini berasal dari bantuan Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Pertanian sebanyak 500 kg pada tahun 2017 yang ditanam pada lahan seluas 1 (satu) hektar dan diperkirakan akan menghasilkan bawang merah sebanyak 32 ton. Joujur Simbolon menuturkan penanaman bibit bawang ini dilakukan pada tanggal 24 Desember 2017 dan akan di panen hari ini jumat 02 Maret 2018 bersama-sama dengan Bapak Bupati Samosir. 

Kami sangat terharu dan bangga karena berhasil memanen bawang merah ini, berkat bantuan Pemerintah Kabupaten Samosir, dan kami memohon agar Pemerintah Kabupaten Samosir tahun ini bersedia menambah bibit bawang merah sebanyak 3000 kg ke kelompok tani Rap Hita Desa Siparmahan. Kami juga memohon kepada Bapak Bupati agar dibangun jalan usaha tani (JUT) di dusun II Desa Siparmahan sehingga akses jalan ke lahan pertanian dapat terwujud.


Kepala Dinas Pertanian Bpk. Erkanus Simbolon mengatakan akan menerima permohonan kelompok tani tersebut dan akan melakukan kajian serta survey ke lapangan mengenai kelayakan pengusulan jalan usaha tani tersebut. Beliau juga mengatakan untuk tahun 2018 ini, Dinas Pertanian akan memberikan bantuan bibit jagung dan bawang merah dan dimungkinkan lebih banyak dari tahun lalu.

Bupati Samosir mengapresiasi para petani yang mau bekerja dengan baik, yang bisa memanfaatkan bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Samosir sehingga dapat menghasilkn panen bawang merah sebanyak 32 ton. Kami akan selalu mendukung masyarakat khususnya kelompok tani yang benar-benar bekerja, apapun permintaannya semaksimal mungkin kami penuhi asalkan dapat bekerja dengan baik dan menghasilkan panen yang besar, dan hasilnya juga akan dinikmati oleh kelompok tani tersebut.(tmr).

 

Bagikan artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − 10 =

Back To Top
×Close search
Search