skip to Main Content
MUSRENBANG TERAKHIR UNTUK TINGKAT KECAMATAN DILAKSANAKAN DI PALIPI

MUSRENBANG TERAKHIR UNTUK TINGKAT KECAMATAN DILAKSANAKAN DI PALIPI

Musrenbang terakhir untuk tingkat Kecamatan dilaksanakan di Aula HKBP Mogang Kecamatan Palipi (02/03). Hadir dalam musrenbang ini Bupati dan Wakil Bupati Samosir, Danramil, perwakilan dari Polres, para pimpinan OPD dan Camat Palipi.

Dalam sambutannya Camat Palipi Darwin Parhusip menyampaikan selamat datang kepada seluruh yang hadir pada acara musrenbang ini. Musrenbang Kecamatan merupakan lanjutan dari musrenbang desa yang sudah terlaksana sebelumnya.

Wakil Bupati Samosir membuka acara musrenbang dan menyampaikan bahwa musrenbang merupakan pertemuan pemerintah dengan masyarakat untuk bermusyawarah dalam membuat skala prioritas yang bukan karena keinginan namun karena keperluan yang dilaksanakan secara bertahap. Bagi seluruh yang hadir Wakil Bupati Samosir mengharapkan agar fokus dalam mendengarkan penjelasan dari Kepala Bapeda yang akan memberikan pemaparan. Pembangunan yang menjadi skala prioritas merupakan pembangunan yang akan berdampak luas bagi seluruh masyarakat.

Kepala Bapeda Rudi Siahaan dalam paparannya menyampaikan konsep program kerja untuk tahun 2019 dan pembangunan di tahun 2018. Usul pembangunan yang disampaikan masyarakat dilaksanakan berdasarkan skala prioritas mengingat keterbatasan anggaran. Sistem perencanaan sudah menggunakan E-planning yang akan berjenjang sampai ke tingkat Kabupaten.

Beberapa pertanyaan dn usulan disampaikan masyarakat dalam musrenbang ini, dan sesuai dengan tupoksinya masing-masing Kepala OPD memberikan penjelasan. Dalam penjelasannya Kepala Dinas PU Ir. Pantas Samosir menyampaikan bahwa dari usulan yang ada dalam form terdapat usul yang belum dimasukkan. Mengingat anggaran yang terbatas, Dinas PU akan menyerahkan nama-nama secara teknis yang akan ditangani oleh Dinas PU untuk disamspaikan kepada Bapeda.

Dalam penjelasannya Kepala Dinas Pemcatatan Sipil Lemen Manurung menyampaikan agar para perangkat desa mendata masyarakatnya dalam hal kepemilikan administrasi kependudukan. Bagi masyarakat yang meminta untuk dipermudah dalam mengurus adminstrasi kependudukan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menyampaikan bahwa syarat yang ada tidak dibuat-buat namun merupakan peraturan undang-undang nomor 23 tahun 2006.

Sementara Kepala BKD Tombor Simbolon dalam tupoksinya menyampaikan jawabannya atas pertanyaan salah seorang Kepala sekolah SD yang menyebutkan kekurangan guru PNS dan tentang gaji honorer. Secara umum PNS di Kabupaten Samosir masih sangat kurang dan untuk gaji honorer kemampuan APBD Samosir masih sangat minim.

Penandatanganan berita acara kesepakatan hasil musrenbang dilakukan oleh perwakilan Kepala OPD dan seluruh kepala desa se Kecamatan Palipi. Camat Palipi Darwin Parhusip menandatangani berita acara kesepakatan dan menyerahkan kepada kepala Bapeda Rudi Siahaan untuk dilanjutkan dalam pembahasan Musrenbang Kabupaten.

Sebelum berakhir Bupati Samosir tiba di acara musrenbang sehabis melakukan monitoring panen bawang masyarakat di Desa Siparmahan. Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM menyampaikan musrenbang bertujuan untuk menampung aspirasi masyarakat yang dilaksanakan berdasarkan skala prioritas. Diharapkan para petani agar benar-benar memanfaatkan bantuan yang sudah diberikan pemerintah sehingga dapat memperoleh hasil yang memuaskan dan dapat meningkatkan kesejahteraan hidup. Pada akhir acara Bupati Samosir menutup musrenbang untuk tingkat Kecamatan.(DSMR).

Bagikan artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − twelve =

Back To Top
×Close search
Search