skip to Main Content
Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga Membuka Musrenbang Kecamatan Onan Runggu

Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga Membuka Musrenbang Kecamatan Onan Runggu

Bertempat di Aula Gereja Katolik Santo Paulus Onan Runggu Kabupaten Samosir Kamis 1/3/2018, diadakan Musrenbang Kecamatan untuk menampung aspirasi masyarakat terkait usulan program dan kegiatan Tahun Anggaran 2019. Dalam laporannya, Camat Onan Runggu Junita Sinaga menyampaikan bahwa sudah dilakukan musrembang Dusun atau Desa. Kami berterimakasih banyak kepada Bupati dengan banyaknya proyek Pembangunan di Kecamatan Onanrunggu.

Wakil Bupati menjelaskan bahwa musrenbang bertujuan untuk menyaring usulan-usulan yang prioritas, begitu banyak usulan yang masuk tapi karena keterbatasan anggaran maka didiskusikan yang mana lebih penting dan lebih utama demi terwujudnya Visi Misi Bupati Samosir. Semua usulan ditampung mulai dari Dusun, Kecamatan sampai Kabupaten dengan menggunakan sistem Teknologi Informasi. Sehingga betul-betul tersaring Program Kegiatan Prioritas dari tingkat bawah.

Kepada perangkat desa Wakil Bupati menyampaikan agar betul-betul bekerja dengan baik. Yang tidak bekerja baik laporkan ke Bupati akan diambil tindakan tegas kalau perlu di pecat. Anggaran sudah banyak untuk gaji perangkat Desa. Perangkat Desa turun ke rumah-rumah cek masing-masing kelengkapan administrasi kependudukan seperti Kartu Keluarga, KTP dan kelengkapan lainnya. Itulah salah satu tugas perangkat Desa.

Selanjutnya Kepala Bappeda yang diwakili Sekretaris Bappeda Tomy Naibaho, memaparkan rencana program pembangunan Kabupaten Samosir sesuai dengan Visi Misi Bupati  yang menjadi rencana Program dan Kegiatan di Tahun Anggaran 2019. Yang pasti anggaran harus dipergunakan secara efektif. Kita sudah mempunyai Sistem Informasi yaitu E-Planning. Semua harus memasukkan data ke E-Planning, kemudian diseleksi berdasarkan diskusi. Tidak semaunya aja mengusulkan program dan kegiatan.

Memasuki sesi diskusi Ordel Sitinjak warga dusun III Desa Sitinjak memohon agar dibuatkan cekdam atau penampungan air untuk air minum dan irigasi. Sangkap Gultom, Kepala Desa Sitamiang melaporkan ada dyk penahan sawah longsor, sehingga diperlukan penanggulangan secepatnya.

Menanggapi hal tersebut Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga, menyampaikan akan mempertimbangkan usulan tersebut dan melihat apakah sudah dimasukkan ke E-Planning Tahun 2018. Kalau belum akan dimasukkan ke E-Planning Tahun 2019. Sedangkan longsor mengenai Dyk penahan yang longsor agar dinas PUPR Kabupaten Samosir untuk langsung terjun ke lapangan melihat kondisi serta dilaporkan ke Bupati untuk diambil tindakan.

Setelah sesi diskusi selesai, maka dilakukan penandatanganan Berita Acara kesepakatan hasil musrembang yang dibacakan Sekcam Onan Runggu Nurli Simbolon, selanjutnya ditandatangani oleh 12 Kepala desa Se-Kecamatan Onan Runggu dan perwakilan OPD. Berita acara Kesepakatan diserahkan Camat Onan Runggu ke Kepala BAPPEDA setelah ditandatangani untuk menjadi bahan masukan pada Musrenbang Kabupaten.

   

Tampak hadir pada acara tersebut Kepala OPD Kabupaten Samosir antara lain Kadis Kependudukan dan Pencatatan sipil Lemen Manurung, Kepala Disbudpora Gomgom Naibaho, Kadis PRKPP Marang Situmorang, Kadis Pertanian Erkhanus Simbolon, Kadis Perhubungan Nurdin Siahaan dan Kadis Lingkungan Hidup Sudian Tamba. (ss/rr)

 

 

 

 

Bagikan artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 16 =

Back To Top
×Close search
Search