skip to Main Content
Puncak Perayaan Hari Jadi Ke 14 Kabupaten Samosir Berlangsung Meriah

Puncak Perayaan Hari Jadi ke 14 Kabupaten Samosir Berlangsung Meriah

** Sekitar 2 Trilyun bantuan untuk Kabupaten Samosir dari Pemerintah Pusat

Berlangsung di Lapangan Kantor Bupati Samosir, Selasa 27/2/2018, dilangsungkan Perayaan hari jadi Kabupaten Samosir ke 14. Thema perayaan hari jadi adalah “Dengan Dengan Perayaan Hari Jadi XIV Kabupaten Samosir Mari Tingkatkan Kinerja dan Daya Saing Wujudkan Samosir Bangkit, Mandiri dan Sejahtera”.

Acara diawali dengan kebaktian yang dipimpin oleh DR.REV.M.H. SIBURIAN,M.Min,. Dalam khotbahnya Pendeta menyampaikan agar pegawai di Pemerintahan Kabupaten Samosir tetap berpedoman ke ajaran Tuhan.

Tampak hadir dalam acara tersebut Wakil Gubernur Sumatera Utara Nurhajizah Marpaung, Kepala Perwakilan BPKP Sumatera Utara Sihar Panjaitan, Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon,MM., Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga, Bupati Tobasa Darwin Siagian, Bupati Taput Nikson Nababan, Anggota DPR RI Komisi V Roslinda Marpaung, Ketua DPRD Kabupaten Samosir Risma Simarmata, Ketua DPRD TAPUT Fernando Simanjuntak , Ketua DPRD Kabupaten Humbang Hasundutan Manaek Hutasoit, Mantan Bupati Samosir Mangindar Simbolon dan Wilmar Simanjorang, serta perwakilan dari Bupati tetangga.

 

Acara diawali dengan penyalaan lilin dan pemotongan kue ulang tahun oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara bersama Bapati dan Wakil Bupati Samosir yang diiringi lagu selamat ulang tahun oleh semua hadirin. Dengan penuh semangat Wakil Gubernur membagikan kue ke Bupati sampai ke masyarakat yang hadir disana.

Dalam laporannya Ketua Perayaan Hari Jadi Kabupaten Samosir ke 14 Mangihut Sinaga yang juga adalah Asisten Tata Praja dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Samosir menyampaikan terimakasih kesemua panitia terutama kepada para tamu yang hadir. Kegiatan ini bersumber dari dana APBD Kabupaten Samosir.

           

Dalam sambutannya para mantan Bupati Kabupaten Samosir yaitu Wilmar Simanjorang dan Ir. Mangindar Simbolon, MM. yang diwakili oleh Wilmar Simanjorang menyampaikan sangat bangga dengan kepemimpinan Bupati Samosir Rapidin Simbolon dan Wakil Juang Sinaga yang bekerja keras untuk pembangunan di Kabupaten Samosir . Sudah terlihat nyata begitu banyak Pembangunan di Kabupaten Samosir ini.

Mewakili Bupati tetangga Darwin Siagian selaku Bupati Tobasa menyampaikan selamat ulang tahun ke 14 Kabupaten Samosir, sebagai Kabupaten induk Toba Samosir merasa bangga dengan progress pembangunan di Samosir.

“Satu hal yang sering terjadi adalah sulit membedakan Toba Samosir dengan Samosir, ketika ada Kapal yang seharusnya ke Toba Samosir jadinya ke Samosir. Pihak kementerian merasa itu sama.” candanya.

“Jadi sekarang sedang digodok perubahan nama Kabupaten Toba Samosir menjadi Kabupaten Toba tetapi Kabupaten Samosir tetap Samosir karena proses pergantian ini hanya di Kemeterian Dalam Negeri”. lanjut Beliau.

Risma Simarmata yang merupakan Ketua DPRD Kabupaten Samosir sebagai perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah mengungkapkan bahwa “Kita harus kerja nyata tak perlu teori banyak. Mari kita isi pembangunan ini dengan melihat langsung kepada masyarakat langsung terjun jangan hanya percaya kepada laporan”.

Kepala perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara dengan penuh semangat menyampaikan agar masyarakat mensyukuri berkat Tuhan ke Kabupaten Samosir yang luar biasa. “Sekitar 2 Trilyun dana pusat masuk ke Kabupaten Samosir, mari kita dukung Bupati agar proses pembangunan semuanya berjalan lancar”. Beliau juga menyampaikan selamat ulang Tahun Kabupaten Samosir ke 14.

          

Roslynda Marpaung Anggota Komisi V DPR RI mengucapkan Selamat ulang tahun Kabupaten Samosir. “Kami akan terus berjuang di Pusat untuk tetap mengarahkan dana pusat untuk disalurkan sebagian ke Kabupaten Samosir. Akan dibangun jembatan Tano Ponggol sebagai icon Samaosir jembatan dalihan natolu.”

Bupati Samosir dan Wakil Bupati Samosir berdiri bersama di panggung untuk mengucapkan sambutannya, Wakil Bupati Samosir menyampaikan terimakasih atas kehadiran para tamu undangan, “Samosir akan terus melaksanakan Pembangunan dengan baik. Butuh kerjasama yang baik untuk mencapai tujuan antara Pemerintah dan Masyarakat”. tegas Beliau.

Bupati Samosir dalam sambutannya menyampaikan kepada para tamu undangan mengenai apa yang sudah dikerjakan Bupati dan Wakil Bupati Samosir seperti pembangunan Jalan di wilayah Kabupaten Samosir, penataan kawasan perkotaan di Kecamatan Nainggolan, lanjutan peningkatan jalan Pandiangan hingga Pananggangan, peningkatan jalan Harian hingga Toguan Galung dari Sitinjak menuju Rinabolak jalan lingkar Pakpahan.

“Kami juga sudah membangun pompa Besar di Kecamatan Palipi dan akan kita lakukan juga di beberapa Kecamatan yang lain, makanya jangan ragu untuk masyarakat yang akan panen padi 2 kali setahun. Pembangunan di Samosir juga didukung oleh Pemerintah Pusat melalui dana APBN antara lain Preservasi dan pelebaran jalan Ambarita Tomok sebesar 367 Milyar lebih, Preservasi jalan Tele Pangururan Nainggolan Onan Runggu sebesar 174 Milyar lebih, pelebaran jalur Tano Ponggol sebesar 313 Milyar lebih, Pembangunan Toilet percontohan 3,5 Milyar berada di Menara Pandang Tele, Peningkatan Pelabuhan Simanindo dan Ambarita sebesar 18 Milyar lebih yang akan menghindari antrian panjang khususnya di masa liburan, Penataan destinasi Tomok 4 Milyar Lebih”.

“Pembangunan SPAM Simanindo oleh satker SPAM strategis Kementerian PUPR sebesar 26 Milyar Lebih sehingga Simanindo, Tomok dan Tuktuk akan terlayani dari rumah ke rumah, Pembangunan Jembatan Tano Ponggol oleh balai Nasional. Ini adalah program dari pusat ke wilayah kawasan danau Toba khususnya ke Samosir. Ini adalah program Presiden Jokowi semoga bapak Jokowi sehat walaifat”.

“Pemerintahan Provinsi juga sudah banyak memberikan bantuan ke Samosir seperti hari ini Sepeda Motor dan Beras. Terimakasih kepada Gubernur yang sudah memberi bantuan. Perlu kami sampaikan bahwa jalan Provinsi sekarang sudah diambil alih Pusat sehingga jalan Provinsi di Kabupaten Samosir 0 km. Kami juga menyediakan BUS menuju dan dari Bandara Silangit kami berikan gratis sehingga orang yang mau ke Samosir tidak terhalang. Kepada Wakil Gubernur Sumatera Utara mohon frekwensi ferry ditambahkan lagi sebelumnya 2 kali seminggu menjadi tiap hari untuk Ferry Balige Onan runggu dan ferry Muara Nainggolan”.

“Kunjungan Wisata untuk tahun 2017 berjumlah 278 ribu orang terdiri dari 222 ribu orang wisatawan nusantara dan 55 ribu orang wisatawan mancanegara, berarti meningkat sebesar 4,57% dari tahun 2016 yakni sebesar190 ribu orang. Peningkatan wisatawan akan meningkatkan perekonomian Masyarakat sebagai efek multiplayer. Dari sisi Pendapatan Asli Daerah meningkat dari 30 Milyar menjadi 70 Milyar akibat percepatan pembangunan kawasan sebagai destinasi wisata prioritas.
Untuk mendukung Parawisata kita sudah mebentuk tim Kebersihan yang ditempatkan pada Pos destinasi wisata dan kota-kota dan membenahi taman-taman kota. Bahwa untuk pelebaran Jalan Nasional menargetkan pembebasan lahan dengan harus menyerap 180 Milyar rupiah. Untuk Tano ponggol sudah selesai 95 %”.

Gubernur Sumatera Utara menyampaikan dalam sambutannya terimakasih kepada Bapak Rapidin Simbolon yang sudah memberi banyak kepada rakyat. “Kita adalah pelayan masyarakat, kita yang melayani masyarakat. Kita harus prihatin bahwa Sumatera Utara adalah rangking pertama Narkoba selain Jakarta. Jangan hanya membangun fisik tapi bangun juga karakter. Mohon perhatian Forum Komunikasi Pemerintah Daerah untuk menseriusi tentang Narkoba. Lindungi anak kita dari Narkoba.”

Diakhir acara dilakukan pemberian penghargaan kepada yang berprestasi di Kabupaten Samosir. Dilanjutkan penandatanganan prasasti Kantor Bupati Pengembangan dan Kantor DPRD Pengembangan oleh Bupati Samosir dan pengguntingan pita oleh Ibu Bupati Samosir Ny.Sorta Rapidin Simbolon. (rr).

GALLERY FOTO :

                         

 

Bagikan artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − 2 =

Back To Top
×Close search
Search