skip to Main Content
Konferensi Pers Perayaan Hari Jadi Pemrintahan Kabupaten Samosir Ke 14 Berlangsung Akrab

Konferensi Pers Perayaan Hari jadi Pemrintahan Kabupaten Samosir ke 14 Berlangsung Akrab

   ** Bupati Rapidin Simbolon mengajak insan pers memberitakan Pembangunan di Kabupaten Samosir

Disela-sela perayaan HUT Pemerintahan Kabupaten Samosir, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kabupaten Samosir melaksanakan Konferensi pers di Kantor Bupati Samosir (27/02). Turut hadir Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Kajari Samosir Eduward Malau, Kapolres Samosir Agus Darojat , Dandim, Asisten Tata Praja dan Kesejahteraan Rakyat Mangihut Sinaga, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kitman Malau , Staf Ahli, para insan pers dan Kabag Humas Siswanto Sinambela yang bertindak sebagai moderator.

Pada sesion pertama Tinambunan sebagai salah seorang insan pers menanyakan tentang mengapa razia sangat sering dilaksanakan di Kabupaten Samosir ini. Dan untuk pertanyaan berikut pada sesion pertama ini Soritua Manurung dari Metro 24 Jam menanyakan apa yang menjadi tujuan dilaksanakan HUT Kabupaten Samosir ini. Untuk menjawab pertanyaan pertama Kapolres Samosir menjelaskan bahwa razia yang sering dilaksakan di Kabupaten Samosir itu bertujuan mendidik masyarakat agar taat dengan aturan. Jadi meskipun Samosir merupakan daerah wisata, razia itu tetap harus dilaksanakan sesuai aturan yang berlaku. Sebagai salah satu bentuk dukungannya, Bupati Samosir turut menegaskan bahwa razia itu harus dilaksanakan demi ketertiban berlalu lintas di Kabupaten Samosir. Untuk menjawab pertanyaan Soritua Manurung dari Metro 24 Jam Bupati Samosir menjelaskan HUT yang dilaksanakan di Pemerintah Kabupaten Samosir bertujuan sebagai refleksi dan perenungan tentang apa saja yang sudah dilaksanakan ditahun yang lalu sebagai acuan dalam pelaksanaan program kedepannya demi mewujudkan masyarakat Samosir yang sejahtera, mandiri dan berdaya saing yang berbasis pada pariwisata dan pertanian seperti yang disebutkan dalam visi misi Kabupaten Samosir.

     

Pertanyaan demi pertanyaan kembali diajukan para insan pers. Bupati Samosir menjelaskan dengan baik segala pertanyaan yang diajukan tersebut. Untuk ijin kerambah jaring apung Bupati Samosir menjelaskan bahwa kewenangannya bukan dari Pemerintah daerah namun langsung dari Pemerintah pusat. Untuk menjawab salah seorang insan pers yang menanyakan mengapa anak sekolah tidak dilibatkan dalam kegiatan perayaan hari jadi, Drs Mangihut sinaga sebagai Asisten tata praja dan Kesejahteraaan Rakyat Kabupaten Samosir menjelaskan bahwa sekali dalam lima tahun akan diadakan perayaan besar-besaran untuk perayaan HUT Kabupaten Samosir pada saat itulah akan melibatkan banyak sekolah-sekolah dan dari tingkat desa, kecamatan dan kabupaten.
Marihot Simbolon insan pers dari SIB menanyakan apa upaya Pemerintah untuk mengatasi daerah wisata yang tidak mempuyai areal parkir seperti di daerah Hotspring. Pertanyaan langsung dijawab oleh Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM. dengan menjelaskan belum ditemukannya lahan yang dapat dijadikan sebagai areal parkir dan sampai saat ini masih dalam masa pencarian. Untuk menjawab pertanyaan Clara Ambarita tentang upaya apa yang akan dilakukan Pemerintah kabupaten Samosir untuk mengembangkan wisata budaya seperti Aek sipitudai dan dan bagaimana cara meningkatkan keramahan SDM dan kebersihan daerah wisata, Bupati Samosir menjelaskan sampai saat ini sedang dibangun situs-situs wisata dan untuk mengembangkan pariwisata di Kabupaten Samosir. Pembangunan bukan hanya secara fisik tetapi secara juga secara sosial demi meningkatkan keramahan masyarakat Kabupaten Samosir. Namun jika dilihat dari jumlah kunjungan wisatawan yang sudah meningkat dapat disimpulkan pembangunan sosial sudah mulai terlaksana.
Kajari Samosir Eduard Malau turut menjelaskan agar jika ada permasalahan yang terjadi di Kabupaten Samosir agar tidak langsung di ekspos sebaiknya diselesaikan dengan baik, dan mengajak seluruh masyarakat Kabupaten samosir agar bersama-sama berbuat demi membangun Kabupaten Samosir yang tentunya sudah di dukung oleh kerja keras Bupati Samosir.
Dandim dalam pernyataannya mengapresiasi pembangunan yang terjadi di Kabupaten Samosir, namun masih perlu pembenahan SDM seperti keramah- tamahan yang masih kurang dalam penyambutan wisatawan yang datang ke Samosir. Demi terwujudnya Visi Misi Kabupaten Samosir pembangunan bukan hanya secara fisik namun juga secara mental.

Diakhir acara Bupati Samosir menyampaikan terima kasih pada insan pers sebagai mitra pemerintah Kabupaten Samosir yang sudah mengekspos segala informasi sehingga informasi antara masyakarat dan Pemerintah tidak tersumbat. Bupati Samosir juga menyampaikan siap menerima saran dan pendapat yang disampaikan masyarakat.

 

Bagikan artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + 11 =

Back To Top
×Close search
Search