skip to Main Content
Parsadaan Malauraja Kecamatan Pangururan Mendirikan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lamtiur

Parsadaan Malauraja Kecamatan Pangururan Mendirikan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lamtiur

Bertempat di Lumban Malau Kecamatan Pangururan(24/2) dilaksanakan acara peresmian Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lamtiur yang dibangun oleh Parsadaan Malauraja dohot boru Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir.

   

Dalam laporannya ketua TBA Lamtiur menyampaikan bahwa ide ini muncul untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia anak-anak marga Malau di Pangururan khususnya dan masyarakat Kabupaten Samosir umumnya, yang pasti taman bacaan ini terbuka untuk umum. Ide pendirian ini dari salah satu pomparan Malau yaitu Kajari Samosir Edward Malau. Ditambahkan setiap orang yang akan menggunakan TBA harus menggunakan ulos yang sudah disediakan di depan. Kedepan juga akan dibukakan peluang kerja kepada yang membutuhkan seperti pembuatan Bunga Papan.
Tokoh masyatakat Malau menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati yang sudah memberi bantuan ke Lumban Malau berupa dyk dan air bersih, tetapi pihak pengelola TBA Lamtiur masih memohon bantuan untuk pengadaan Toilet.

Kepala Disperada (Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah) Kabupaten Samosir Lastuana Simbolon menyampaikan bahwa proses pendirian TBA ini berjalan lancar dengan kerjasama yang baik dengan pengurus TBA. Kita sudah bekerjasama dengan penerbit buku Iradawida dan Bumi Aksara Yogya yang menyumbangkan buku dengan gratis, disamping bantuan buku dari Disperada.
Kepala Dinas Pendidikan Ricardo Hutajulu menyampaikan bahwa syarat pembentukan TBA Lamtiur ini sudah melengkapi berkas persyaratan dan sudah diverifikasi Dinas Pendidikan dan nanti akan diserahkan Bupati Samosir surat izinnya untuk diserahkan kepada pengurus TBA Lamtiur.

   

Selanjutnya dilaksanakan penyerahan Surat izin pendirian TBA Lamtiur , penyerahan bantuan Buku oleb Bupati Samosir kepada pengurus TBA yang berasal dari Pemkab.Samosir maupun dari pihak ketiga.

Bolusson Pasaribu anggota DPRD Kabupaten Samosir menyampaikan sangat bangga dengan pendirian TBA lamtiur oleh pengurus Malau Kecamatan Pangururan dia berjanji akan membantu sumbangan buku dari pusat bekerjasama dengan Disperada dan menyerahkan sumbangan uang untuk membelikan buku.

Dalam sambutannya Bupati Samosir Rapidin Simbolon menyampiakan ini merupakan terobosan yang sangat baik. Seperti ini kelihatan kecil tetapi bernilai tinggi, lokasi TBA ini juga sangat mendukung untuk dijadikan kampung wisata ke depan dan bisa dikembangkan, koleksi bukunya terus dilengkapi bukan hanya buku Ilmu murni tapi buku ilmu terapan juga, buku parawisata serta majalah-majalah berkualitas.

Setelah sambutan, dilanjutkan dengan acara peresmian oleh Bupati Samosir dengan menggunting pita dilanjutkan meninjau rumah Taman Baca didampingi pengurus TBA Lamtiur , OPD Kabupaten Samosir dan masyarakat sekitar.

    

Turut hadir dalam acara tersebut mendampingi Bupati Anggota DPRD Kab. Samosir Boluson Pasaribu dan beberapa OPD seperti Asisten Ekonomi Pembangunan Saul Situmorang, Inspektur Kabupaten Samosir Waston Simbolon, Kepala Bappeda Rudi Siahaan. Dari pengurus Parsadaan Maluraja seperti Kajari Samosir Edward Malau, Kadis Komimfo Kidman Malau, Staf Ahli Bupati Purnamawan Malau dan Camat Pangururan Krimson Malau.(rr).

 

Bagikan artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 4 =

Back To Top
×Close search
Search