skip to Main Content
Ground Breaking Pelebaran Jalur Tano Ponggol Di Danau Toba Kabupaten Samosir

Ground Breaking Pelebaran Jalur Tano Ponggol di Danau Toba Kabupaten Samosir

** Dengan biaya 313 Milyar Tano Ponggol akan dilebarkan dari 25 meter menjadi 72,6 meter.

Bertempat di areal Tano Ponggol Kelurahan Siogungogung, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara, Senin 26/2/2018 dilakukan Ground Breaking pelebaran alur Tano Ponggol. Proyek ini adalah proyek Pemerintah Pusat melalui Dirjen Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai Sumatera II .
Proyek ini bernilai Rp.313.339.211.900 yang akan dikerjakan oleh PT. Basuki Rahmanta Putra – PT. SAC Nusantara, KSO selama 2 tahun anggaran 2018/2019, dengan pekerjaan melakukan pelebaran alur Tano Ponggol yang dulu lebarnya menjadi 25 meter menjadi 72,6 meter dengan panjang 1200 meter dengan kedalaman 5 meter, proteksi tebing sepanjang 2400 meter, pembuatan Sepadan Alur sungai sepanjang 10 meter kiri kanan untuk mendukung wisata.

  

Acara dimulai dengan kebaktian untuk mendoakan agar proyek berlangsung baik. Tokoh masyarakat Pangururan O. Naibaho mengucapkan terimakasih banyak kepada Bupati dan Pemerintah pusat yang sudah memperhatikan Samosir, khususnya Tano Ponggol dengan pelebaran alur dengan dana yang cukup besar kami mendukung sepenuh hati agar pembangunan berjalan lancar dan memohon untuk memberdayakan masyarakat setempat.
Kepala Balai Besar Wilayah Sungai II Roy P Pardede menjelaskan bentuk dan ukuran proyek yang akan dilaksanakan Multi Years (2 Tahun) semoga semua berjalan lancar.

Kepala Pusat Bendungan Kementerian PUPR Ade Rusman yang mewakili Dirjen menjelaskan setelah Danau Toba ditetapkan menjadi Kawasan Strategis Parawisata Nasional (KSPN) maka anggaran yang diprioritaskan ke Danau Toba, khususnya ke Kabupaten Samosir, salah satunya adalah pembangunan hari ini.
Roslynda Marpaung anggota komisi V DPR RI menyampaikan bahwa mereka tetap berusaha untuk mengarahkan anggaran ke Pembangunan di Samosir ini. Mari kita sambut pembangunan ini dengan baik, karna semua ini adalah untuk kesejahteraan rakyat sekitar.

   

Mewakili Forum Komunikasi Pimpinan Daerah adalah Ketua DPRD Kabupaten Samosir Risma Simarmata menyampaikan terima kasih ke Bupati yang bekerja keras mendatangkan dana dari Pemerintah Pusat. Mari kita bekerjasama mensukseskan Pembangunan.

Kepala Perwakilan BPKP Sumut Sihar Panjaitan dengan penuh semangat mengharapkan masyarakat mendukung pembangunan ini, luar biasa Bupati bisa mendatangkan Proyek besar dari Pusat yang tidak banyak daerah dapat. Kami sebagai bawahan Presiden yang bertugas mengkawal proyek Strategis Nasional salah satunya proyek pelebaran ini kami komit akan membantu bagaimana biar pekerjaan proyek selesai dengan baik.

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM menyampaikan dalam arahannya agar kita mendukung pembangunan pelebaran alur Tano ponggol . Melihat besarnya perhatian dari Pemerintah Pusat untuk Kabupaten Samosir seperti Jalan lingkar Samosir, jembatan Tano Ponggol, pelebaran alur Tano Ponggol, pelabuhan Ambarita, Kapal ferry yang kalao di totalkan sekitar 2 Trilyun rupiah. Kita jaga kepercayaan Pusat agar bantuan terus mengalir.

Sangat berterimakasih kepada Tim pembebasan lahan , perangkat desa, perangkat kecamatan sampai kabupaten yang bekerja keras dalam menyelesaikan proses pembebasan lahan dengan berbagai macam persoalan. Lanjutnya kami ingatkan agar masyarakat di sekitar bekerjasama mensukseskan pekerjaan pelebaran alur Tano Ponggol.

  

Diakhir acara dilakukan pemukulan Gendang oleh Bupati, Wakil Bupati , kepala BPKP Sumut dan Anggota DPR RI yang diikuti pengerukan sungai pertama oleh Bupati dengan alat berat. Hadir dalam acara tersebut Anggota DPRD Boluson Pasaribu, Kapolres Samosir, Dandim 0210 Taput , Kajari Samosir dan Kepala OPD Kabupaten Samosir.(rr).

 

 

Bagikan artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight − one =

Back To Top
×Close search
Search