skip to Main Content
Rapatkebun

Terkait Status Penyerahan Lahan Kebun Raya Samosir, Pemkab Samosir Gelar Rapat Bersama Pemilik Lahan

Pemerintah Kabupaten Samosir menggelar rapat bersama dengan Punguan Pomparan ni Raja Ompu Soributtu Sidabutar (POROSS) terkait status penyerahan lahan Kebun Raya Samosir di Aula Kantor Camat Simanindo, Jumat (23/09).

Hadir dalam rapat tersebut Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM, Pimpinan dan Anggota DPRD Samosir, Wakapolres Samosir Kompol Hamdan, Asisten Pemerintahan Drs. Mangihut Sinaga, MM, Plt. Kadis Kehutanan Mahler Tamba, Kabag Tapem Nurdin Siahaan, SH, Kabag Humas Lemen Manurung, S.Pd, Kabag Umum Rudi SM Siahaan, AP, MM, Camat Simanindo Parissan Lumban Gaol, UPT Kebun Raya Samosir, Kades Tomok Parsaoran, Pengurus Punguan dan LSM  POROSS bersama dengan masyarakat sekitar lokasi Kebun Raya Samosir.

Rapat tersebut digelar karena adanya ketidakcocokan atau peselisihan antara warga pemilik lahan terkait status penyerahan dan luas lahan Kebun Raya Samosir yang dihibahkan kepada Pemkab Samosir.

Rustam Effendi Sidabutar, Ketua Umum Punguan Pomparan Ompu Raja Soributtu Sidabutar (POROSS) mengatakan bahwa tanah yang dijadikan lahan dalam pembangunan Kebun Raya tersebut adalah merupakan Tanah Leluhur yang merupakan warisan. Namun lahan tersebut dihibahkan dengan sepihak tanpa di musyawarahkan terlebih dahulu oleh Yayasan Sosor Tolong Menolong Raja Muda Sidabutar.

Ditambahkannya, seluruh keturunan Oppu Raja Soributtu Sidabutar yang tinggal di Tomok maupun di perantauan pada dasarnya mendukung secara penuh pembangunan Kebun Raya Samosir. Namun, perlu dilakukan pengukuran ulang atas luas lahan yang serahkan dan penyerahan harus atas nama Pomparan Oppu Raja Soributtu Sidabutar bukan atas nama kelompok tertentu.

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Samosir akan mengakomodir dan menginventarisasi semua keluhan dari Pomparan Oppu Raja Soributtu Sidabutar maupun masyarakat sekitar lokasi Kebun Raya Samosir. Rapidin berjanji, Pemkab Samosir melalui dinas terkait akan segera turun kelapangan untuk melakukan pengukuran ulang luas Kebun Raya Samosir bersama dengan pemilik lahan.

Dia menambahkan bahwa pembangunan Kebun Raya Samosir kedepan akan memberikan multiplier effect kepada masyarakat sekitar bahkan kepada keturunan Pomparan Oppu Raja Soributtu Sidabutar selaku pemberi lahan. Oleh karena itu, diharapkan kerjasama dan dukungan masyarakat untuk pembangunan Kebun Raya Samosir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top