skip to Main Content

Sosialisasi OJK dan LKM serta Produk BPJS Kesehatan ke Pemerintah Kabupaten Samosir

Kamis (26/5) Otoritas Jasa Keuangan Regional V Sumatera Bagian Utara dan BPJS Cabang Pematangsiantar melakukan sosialisasi ke Pemerintah Kabupaten Samosir di Aula Hotel Dainang, Pangururan. Acara sosialisasi secara resmi dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Samosir, Drs. Karel Sihotang.

Kusnadi Hutagalung dari Kantor Otorita Jasa Keuangan Regional V Sumbagut menyampaikan pihaknya sangat berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Samosir yang bersedia memfasilitasi pelaksanaan kegiatan tersebut. Melalui sosialisasi ini diharapkan pemahaman masyarakat tentang Otoritas Jasa Keuagan dan Lembaga Keuagan Mikro(LKM) semakin meningkat. Sehingga fungsi OJK dalam menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan dapat bekerja dengan baik.

Dalam Sambutannya Drs, Karel Sihotang menyampaikan sambutan dari Bupati Samosir Drs.Rapidin Simbolon, MM yang saat itu sedang melaksanakan tugas di luar daerah.

P. Aritonang dan Rika J Simangunsong dari Kelompok Kerja Literasi Keuangan OJK Regional V, memberikan informasi pengenalan tentang OJK dan LKM. Salah satu tujuan didirikannya OJK adalah untuk melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat, sehingga diinformasikan kepada seluruh peserta sosisalisasi apabila memiliki permasalahan dengan penyedia/industri jasa keuangan seperti misalnya perbankan, pihak asuransi, pasar modal, industri keuangan non bank,dan lembaga keuangan mikro dapat menyampaikan permasalahan tersebut ke OJK. Namun tentunya sesuai dengai mekanisme pelayanan pengaduan konsumen yang berlaku di OJK. Untuk lembaga keuangan mikro dapat mengurus izin LKM melalui OJK. Salah satu jenis LKM yang ditumbuhkan dari keswadayaan masyarakat adalah CU(credit union). Nantinya banyak manfaat yang dapat diterima dari izin LKM, salah satu diantaranya adalah jaminan dana masyarakat.

Sosialisai mengenai produk BPJS disampaikan oleh Kepala Cabang Pematangsiantar Rasinta Ginting, SE, Ak, Msi, AAAK. Dengan bergabung di BPJS, baik dari Penerima Bantuan Iuran atau Non Penerima Bantuan Iuran Peserta dapat menerima manfaat jaminan kesehatan berupa akomodasi dan perawatan medis. Identitas peserta Jaminian Kesehatan yang berlaku saat ini adalah Kartu Indonesia Sehat, Askes, Kartu BPJS, Kartu Jamkesmas.

Pada acara itu juga diadakan sesi  tanya jawab dari peserta sosialisasi kepada pihak OJK dan BPJS. Pertanyaan maupun informasi yang disampaikan umumnya merupakan pengalaman langsung peserta terhadap lembaga jasa keuangan maupun BPJS. Harapannya agar pertanyaan dan informasi dari perserta dapat menjadi data pendukung untuk OJK maupun BPJS untuk menghasilkan kebijakan yang lebih baik kedepannya. Terkhusus BPJS diharapkan dapat menjalin kesepahaman yang baik dengan mitra kerjanya yaitu Rumah Sakit, sehingga pelayanan semakin baik.  Hal ini juga yang diharapkan oleh Rasinta Ginting SE, Ak, Msi, AAAK selaku kepala cabang BPJS Pematangsiantar. “Semoga kedepannya kami lebih baik”,ujarnya.

Acara Sosialisasi kemudian ditutup oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Samosir, Drs. Karel Sihotang. (Humas/Bolon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top