skip to Main Content
Raker Kades

RAKER KADES SE-KECAMATAN HARIAN DAN SIANJUR MULA

Samosir,Humas

“Pencapaian target kinerja Anggaran Dana Desa di dua Kecamatan sudah mencapai  70-80%, pengusulan pencairan tahap II segera menyusul. Program utama pembangunan untuk tahun 2017 dari masing-masing desa di dua Kecamatan diusulkan langsung dihadapan Bupati Samosir. Bupati Samosir Intruksikan jangan pakai konsultan abal-abal “

Bupati Samosir, Drs. Rapidin Simbolon, MM membuka rapat kerja Kades se-Kecamatan Harian dan Sianjur Mulamula di Aula Kantor Camat Harian, 16/11. Raker tersebut  dihadiri Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga,Asisten Pemerintahan Drs. Mangihut Sinaga, MM, Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesos, Drs. Penas Sitanggang, Kadis Pu, Kadis Tarukim, Kadis Pertanian, Camat Harian, Camat Sianjur Mulamula, para Kades dan BPD dari dua Kecamatan.

Bupati Samosir menegaskan agar penggunaan dana desa dan ADD betul-betul dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat,hendaknya pembangunan dilakukan secara adil dan merata. Penyerapan dana desa harus efektif dan terus ditingkatkan sehingga anggaran dari tahun ke tahun dapat meningkat. Bupati Samosir kembali mengingatkan agar penggunaan dana desa benar-benar mengikuti aturan yang berlaku, jangan sampai ada kepala desa yang terlibat dengan masalah hukum akibat penyalahgunaan dana dan kecerobohan. Bila tidak mengerti silahkan bertanya dan konsultasi, inspektorat Kabupaten telah membuka ruang kepada setiap desa untuk sharing bilamana ada kendala. Seluruh perencanaan pembangunan lebih dahulu dirapatkan dengan BPD dan tokoh masyarakat sehingga ada keadilan yang dirasakan masyarakat. Sinkronisasi program Kabupaten dengan Desa, jangan sampai ada yang tumpang tindih,untuk itu Kades harus lebih bekerja keras, kurangi waktu berleha-leha, banyak pekerjaan yang segera dituntaskan.

Hubungan antara BPD dan Kades supaya dijaga, harus ada keterbukaan. Pembangunan di desa harus menjadi tanggung jawab bersama BPD dan Kades. Binalah kebersamaan, kekompakan, rasa memiliki harus ada dalam diri kita masing-masing, tambah Rapidin Simbolon.  Lebih lanjut dikatakan, gapura batas-batas desa agar menjadi perhatian khusus bagi kades sehingga pengunjung mengetahui sedang berada dimana. Dalam hal perencanaan Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon menegaskan agar tidak menggunakan jasa konsultan ABAL-ABAL (tidak berkwalitas), silahkan cari yang lebih professional dan bertanggung jawab dan bisa diajak komunikasi karena sekarang ini banyak konsultan yang tidak bertanggung jawab hanya menunggu pencairan habis itu menghilang.

Dalam kesempatan ini masing-masing kades maupun BPD menyampaikan program utama pembangunan tahun 2017 dihadapan Bupati Samosir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top