skip to Main Content

PURNAWIRAWAN ADYAKSA KEJARI RI BERWISATA KE SAMOSIR

Samosir, Humas
Samosir sebagai daerah pariwisata semakin banyak dikunjungi para wisatawan lokal maupun mancanegara. Kali ini rombongan Purnawirawan Adyaksa Golf Klub Kejaksaan RI melakukan kunjungan wisata ke Kabupaten Samosir, 16/03. Kunjungan ini mereka namakan touring purnawirawan golf klub kejaksaan RI (Parapat-Samosir).

Menggunakan kapal motor penyeberangan dari parapat, rombongan purnawirawan adyaksa tiba di dermaga wisata Tomok. Rombongan disambut hangat Kejari Pangururan, Edward Malau, SH bersama Kadis Pariwisata Drs. Ombang Siboro dan Kabag Humas Lemen Manurung, S.Pd. Beberapa lokasi wisatapun dikunjungi, diantaranya Makam Raja Sidabutar di Tomok. Ditempat ini rombongan dengan menggunakan ulos mendapat keterangan dari guide tentang sejarah makam Raja Sidabutar. Makam Raja Sidabutar terbuat dari batu besar yang dibentuk dahulu kala dengan teknologi yang belum berkembang (manual) dan menjadi peti mati Raja Sidabutar.

Selanjutnya, rombongan menuju pertunjukan sigale-gale tak jauh dari makam Raja Sidabutar. Ditempat ini rombongan menyaksikan atraksi sigale-gale yang terbuat kayu yang juga mempunyai sejarah tersendiri. Sigale-gale pun menari bagaikan manusia menggerakkan tangan dan kepala. Diiringi gondang (musik tradisional) rombongan purnawirawan adyaksa ikut manortor (menari) melintasi sigale-gale. Merekapun menirukan gerakan tor-tor  batak yang sesungguhnya.

Rombongan Purnawirawan Adyaksa Kejati RI dijamu Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM untuk sekedar minum kopi di Hotel Toledo Inn Tuktuk Siadong-Kecamatan Simanindo. Hal ini merupakan sebagai tanda hormat dan keramahan kepada para tamu yang berkunjung ke Kabupaten Samosir.

“Kami senang, bapak-bapak berkunjung ke Samosir, silahkan nikmati keindahan alam Samosir” kata Rapidin Simbolon. Sebagai Kabupaten Pariwisata dengan slogan Negeri Indah Kepingan Surga, sudah selayaknya berkunjung lebih dahulu ke negeri ini sebelum ke surga yang sebenarnya tambah Rapidin Simbolon yang membuat rombongan tertawa terbahak. Dijelaskannya Samosir memiliki ragam wisata baik budaya maupu panorama alam, silahkan dinikmati, pemerintah dan masyarakat akan siap melayani. Rapidin Simbolon mengharapkan agar Purnawirawan Adyaksa memberikan perhatian dan masukan kepada Pemkab. Samosir demi perkembangan/ kemajuan kedepan sekaligus menceritakan keindahan alam Samosir kepada keluarga dan teman lainnya di Jakarta. Sebagai ungkapan terima kasih Bupati Samosir Rapidin Simbolon memberikan cindera mata berupa ulos kepada masing-masing rombongan dan sebuah kecapi (alat musik batak). Sebaliknya rombongan purnawirawan memberikan logo purnawirawan adyaksa kejari RI sebagai ungkapan terima kasih atas pelayanan Pemkab. Samosir.
DH. Panjaitan, salah satu dari Purnawirawan Adyaksa Kejati RI mengatakan puas melihat keindahan alam dan budaya yang dipertunjukkan. Ia berharap potensi-potensi yang ada dapat dikembangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top