skip to Main Content

PENYULUHAN ORGANISASI KEMASYARAKATAN

Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Kantor Kesatuan Bangsa Dan Politik menyelenggarakan bimbingan kemasyarakatan kepada organisasi Kemasyarakatan yaitu Ormas, LSM, OKP, FKUB, FPK, FKDM dan FKTM., Selasa, (17/05) di Hotel Dainang Pangururan. Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga membuka secara resmi kegiatan tersebut, turut hadir narasumber dari Badan Kesbang, Politik dan Linmas Provsu, Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW) Provsu.

Dalam arahannya Wakil Bupati Samosir menyampaikan dinamika perkembangan organisasi kemasyarakatan dan perubahan system Pemerintahan membawa paradigma baru dalam tata kelola organisasi kemasyarakatan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kehidupan demokrasi makin menuntut peran, fungsi dan tanggung jawab orkesmas untuk berpartisipasi dalam upaya mewujudkan cita-cita Nasioanl Bangsa Indonesia serta menjaga dan memelihara keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, untuk itu Pemerintah perlu melakukan pembinaan umum dan teknis dalam bentuk bimbingan, pengayoman dan pemberian dorongan dalam rangka pertumbuhan organisasi yang sehat dan mandiri, serta sebagai mitra Pemerintah dalam pembangunan.

Lebih lanjut wakil Bupati menghimbau kepada seluruh ormas yang ada di Kabupaten Samosir agar segera melengkapi administrasi agar tidak tersandung  masalah hukum dan bagi ormas yang sudah mendapatkan surat keterangan terdaftar agar melaporkan kegiatannya sekali 6 bulan.

Diakhir sambutannya Wakil Bupati juga menyampaikan ormas sebagai mitra Pemerintah harus saling bergandengan tangan dalam mendukung berbagai program pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemda sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku,untuk itu orkesmas agar lebih pro-aktif dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Samosir disamping itu peran Ormas, Lsm, Okp dan tokoh-tokoh masyarakat  selama ini dirasakan sangat efektif untuk menjaring aspirasi masyarakat, karena hidup dan tumbuh bersama-sama masrayakat.

Kepala Kantor Kesbang Dan Politik Drs. Kitman Malau dalam laporannya mengatakan bahwa maksud kegiatan tersebut untuk mendorong tumbuhnya kesadaran orkesmas sebagai mitra Pemerintah dan Pemerintah Daerah untuk menunjukkan cita-cita bersama yakni kesejahteraan masyarakat yang lebih baik, sementara tujuannya adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan wawsasan para pengurus/anggota orkesmas sesuai aturan perundang-undangan agar dapat memaksimalkan peran orkesmas sebagai lembaga konsultatif, advokatif dengan fungsi control dan penyalur aspirasi masyarakat yang dinamis serta untuk mempererat hubungan antara ormas dengan Pemerintah, antara ormas dengan ormas serta meningkatkan kapasitas anggota dalam kelembagaan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.(Humas/Baho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top