skip to Main Content
Simulasi Bencana

MASYARAKAT HARUS TANGGAP BENCANA

Samosir, Humas

Masyarakat harus tanggap dalam situasi, tanggap bila suatu saat terjadi  bencana. Demikian dihimbau Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga saat membuka Simulasi sekaligus sosialisasi penanggulangan bencana di Desa Buntu Mauli Kecamatan Sitiotio, 20/10. Bencana tidaklah sesuatu yang direncanakan dan sama sekali tidak diharapkan, untuk itu seluruh masyarakat  Samosir, khususnya masyarakat Desa Buntu  Mauli agar tanggap bila suatu saat terjadi bencana. Nantinya akan ada simulasi cara penanganan bencana kata Juang Sinaga.

Desa Buntu Mauli Kecamatan Sitiotio merupakan salah satu lokasi yang terkena bencana banjir bandang yang merusak fasilitas umum dan lahan pertanian tahun 2010 silam. Untuk itu Wabup Juang Sinaga menghimbau agar masyarakat jangan merusak hutan, bila hutan gundul maka tanah akan longsor sehingga aliran sungai yang besar akan membawa material yang dapat merusak lahan dan rumah. Sejak dini perkirakan jarak bangunan dari tepi sungai, karena bila terlalu dekat sangat membahayakan.  Juang menganjurkan agar , masyarakat bergotong-royong  menanam pohon ditepi sungai demi keselamatan dan kepentingan bersama. Bila permintaan masyarakat ada, maka bibit pohon akan segera disediakan Dinas Kehutanan.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Samosir mengatakan Simulasi ini bertujuan untuk mengurangi dampak bencana dan cara evakuasi.  Peserta diikuti 300 orang dengan nara sumber dari BPBD Propinsi, Polres Samosir dan TNI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top