skip to Main Content

KADIN SUMUT BERENCANA JALIN KERJASAMA DENGAN PEMKAB SAMOSIR

Samosir, Humas

Kamar dagang dan Industri (KADIN) Sumatera Utara berencana akan menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Samosir dengan membentuk Kadin di Samosir yang dikelola oleh careteker/ pengusaha-pengusaha asal Samosir. Hal tersebut dikatakan oleh Frans Simbolon kepada Bupati Samosir diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesos Drs. Penas Sitanggang didampingi Kadis Koperindag Hotraja Sitanggang di Ruang Rapat Kantor Bupati Samosir, 10/03.Turut Kadis PU Kab. Samosir Pantas Samosir, Kadis Tarukim Herbin Tampubolon, Kabag Humas Lemen Manurung, Kabag Pembangunan Sudion Tamba.

Frans Simbolon caretaker ketua Kadin Samosir mengatakan keinginan mereka untuk melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Samosir dibidang pertanian, perkebunan dan pariwisata. Nantinya akan membantu pemerintah dalam menjalankan program-program dari ketiga hal tersebut. “Merupakan niat tulus untuk membangun Samosir, guna meningkatkan perekonomian masyarakat terutama menghadapi MEA” kata Frans Simbolon. Lebih lanjut dikatakannya, Kadin Samosir akan dapat mempercepat pembangunan di bidang pertanian, perkebunan dan pariwisata. Meningkatkan pola pasar pertanian yang menguntungkan masyarakat serta membangun teknologi informasi tentang keunggulan produk lokal sehingga pemasaran akan semakin lancar. Diyakini, nantinya apabila kerjasama terjalin akan berdampak pada peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) Samosir.

Program kerjasama tersebut disambut baik Pemerintah kabupaten Samosir, akan dibahas dan dipelajari lebih lanjut, kata Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesos Drs. Penas Sitanggang. Pada umumnya, Pemerintah Kabupaten Samosir selalu membuka diri kepada seluruh pihak yang berkeinginan membangun Kabupaten Samosir.

Sementara itu Kadis Koperindag Kabupaten Samosir Hotraja Sitanggang menonjolkan agar nantinya Kadin Samosir dapat menonjolkan produk lokal sehingga nilai pasar dan jualnya semakin meningkat, misalnya batu bata, hasil pertanian dan hasil kerajinan tangan para seniman yang ada di Samosir. Selain itu diperlukan juga peran Kadin dalam merubahan mental para pelaku pengusaha yang ada di Samosir terutama dibidang pelayanan. Hal yang sama dikatakan Kadis PU Samosir bahwa pihaknya juga siap mendukung nantinya. Apabila diperlukan peran PU untuk membuka akses ke lokasi sentra pertanian kami siap untuk membantu kata Pantas Samosir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top