Jumat 25 April 2014

KARTU TANDA PENDUDUK

Untitled Document

 

UNTUK MEWUJUDKAN DATABASE KEPENDUDUKAN YANG BAIK, AKURAT DAN TERKINI DI KABUPATEN SAMOSIR, SESUAI DENGAN AMANAT UU NOMOR 23 TAHUN 2006, PEMERINTAH KABUPATEN SAMOSIR MENERAPKAN LAYANAN KTP GRATIS SESUAI DENGAN PERDA NOMOR 2 TAHUN 2009


PROSEDUR PENGURUSAN KTP

a. Syarat-syarat yang diperlukan


1. Formulir F-1.07


2. Foto copy KK


3. Pas foto 4 x 6 berwarna 2 lembar, dengan ketentuan ; tahun kelahiran genap latar biru, ganjil latar merah


4. KTP lama bagi perpanjangan


5. KTP rusak bagi penggantian KTP yang rusak


6. KTP yang salah bagi pengganti KTP melampirkan surat pernyataan kesalahan


7. Surat keterangan kehilangan dari kepolisian bagi pengganti KTP yang hilang


8. Surat pindah dari daerah asal bagi penduduk baru


9. Persyaratan lain sesuai PERDA Kab. Samosir No. 2 Tahun 2009


10. Untuk WNI Keturunan :



a. Surat Bukti Kewarganegaraan Republik Indonesia (SBKRI)



b. Surat Keterangan ganti nama apabila sudah ganti nama (foto copy dan dilegalisir oleh pejabat yang berwenang)


11. Untuk orang asing :



a. Surat Tanda Melapor Diri (STMD) dari Kepolisian



b. Surat Keterangan Kependudukan (SKK) Model A dan B dari imigrasi (Foto copy dan dilegalisir oleh pejabat yang berwenang)



c. Besarnya biaya retribusi (sesuai PERDA No. 2 tahun 2009)

- WNI : GRATIS

- Orang Asing : Rp. 10.000,-




d. Lama waktu penyelesaian 2 (dua) hari



e. Prosedur :




1. Pemohon datang ke Kepala desa/Lurah setempat dengan mengisi Formulir F-1.07 dan menandatangani formulir tersebut




2. Petugas kantor kepala desa/lurah memeriksa dan meneliti formulir F-1.07 dan persyaratan lainnya sesuai data yang ada pada KK




3.
Apabila berkas belum lengkap maka petugas kantor kepala desa/ mengembalikan permohonan kepada pemohon untuk dilengkapi




4. Setelah berkas lengkap petugas kantor kepala desa/lurah mencatat kedalam administrasi KTP data permohonan selanjutnya petugas menandatangani kepada kepala desa/lurah dan di stempel




5. Setelah Kepala desa/Lurah menandatangani, petugas kantor kepala desa/lurah menyerahkan kembali kepada pemohon beserta KK asli




6. Pemohon mendatangi Kantor Kecamatan dengan membawa berkas lengkap




7. Petugas kecamatan menerima dan meneliti berkas dan memberikan informasi tentang masa berlaku, lama pemrosesan kepada pemohon




8. Petugas menyerahkan berkas pemohon kepada petugas seksi pemerintahan




9. Petugas Seksi pemerintahan pada kecamatan meneliti dan mencatat data pemohon dalam Buku Permohonan KTP




10. Khusus Pemohon yang memiliki aliran kepercayaan maka pada kolom agama diisi dengan tanda garis pendek mendatar




11. Selanjutnya petugas kecamatan memproses surat pengantar KTP sesuai data pemohon dan menandatangani kepada Camat dan di stempel




12. Setelah ditandatangani oleh camat, petugas kecamatan menyerahkan surat pengantar pengurusan KTP kepada pemohon;




13. Pemohon mendatangi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab. Samosir dan mendaftarkan serta memberikan berkas permohonan sesuai persyaratan yang berlaku kepada petugas pendaftaran ;




14. Petugas pendaftaran meneliti dan memeriksa berkas permohonan KTP, apabila lengkap berkas persyaratannya, petugas membukukan kedalam administrasi KTP; dan bila tidak lengkap berkas dan persyaratannya, petugas pendaftaran mengembalikan berkas permohonan kepada pemohon untuk dapat dilengkapi berkas persyaratan
pengurusan KTP;




15. Petugas pendaftaran menyerahkan berkas permohonan KTP pemohon kepada kepala seksi dan kepala bidang untuk diperiksa kebenaran berkasnya dan selanjutnya mendisposisikan untuk diproses oleh petugas operator;




16. Petugas menyerahkan berkas permohonan KTP kepada petugas operator, selanjunya petugas operator memproses/mencari/menampilkan data pemohon KTP, apabila data pemohon ada/lengkap dalam database kependudukan, petugas operator merekam data kedalam KTP untuk proses pencetakan KTP; dan bila tidak lengkap/tidak ada data pemohon dalam database kependudukan, petugas operator mengembalikan berkas permohonan kepada pemohon untuk melengkapi data-data keluarga pemohon
dalam formulir F.1-01;




17. Petugas operator mencetak KTP pemohon, KTP yang telah dicetak diberkaskan dengan berkas permohonan pemohon dan selanjutnya petugas operator menyampaikan KTP bersama dengan berkas permohonan pemohon kepada petugas pelayanan dan pencatatan registrasi untuk proses penandatanganan KTP oleh pemohon dan Kepala Dinas, selanjutnya petugas pelayanan dan pencatatan registrasi menstempel KTP yang ditandatangani Kadis serta mencatat penomoran, tanggal dan data pemohon ke dalam buku administrasi KTP




18. Petugas pelayanan menyerahkan KTP kepada pemohon






“BERSAMA ANDA PELAYANAN KAMI PRIMA”

Masa Berlaku KTP
KTP berlaku untuk jangka waktu 5 tahun, kecuali manula (berusia di atas 60 tahun), KTP berlaku seumur hidup. Berakhirnya masa berlaku KTP, sesuai dengan tanggal dan bulan kelahiran yang bersangkutan. KTP yang rusak, hilang atau berubah data, seperti perubahan alamat, kewarganegaraan, nama dan sebagainya harus diganti dengan KTP baru.

Yang tidak wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk adalah anggota perwakilan negara asing, organisasi-organisasi internasional, corps diplomatik berserta anggota keluarganya dan penduduk sementara (pemegang KIM / KIM’S).

GRAND STRATEGI

SAMOSIR DALAM ANGKA

Aspiring Geopark

PENDAPAT ANDA

Prioritas Pembangunan yang harus segera dilakukan di Kabupaten Samosir adalah...?






Hasil

HITS

Website counter